Beri Nuansa Laut, Masak Menu Seafood Aja Lebaran Kali ini!

Tandaseru – Jika opor ayam atau rendang sudah terlalu biasa, Lebaran kali ini nggak ada salahnya mencoba menyajikan hidangan lain yang nggak kalah menggugah selera. Menu seafood untuk Lebaran bisa jadi pilihan untuk menghadirkan suasana berbeda di meja makan!

Ketika mencari hal yang antimainstream untuk disediakan saat menjamu tamu selama Hari Raya, maka resep seafood satu ini sangat cocok untuk Anda, apalagi jika keluarga Anda menyukai makanan berbahan ikan, udang atau cumi.

Nah, biar nggak penasaran salah satu menu seafood andalah tumis cumi saus padang ini pasti sangat enak untuk disantap saat Lebaran.

Agar nggak salah, begini bahan menu seafood untuk Lebaran!

Pertama yang diperlukan 500 gram cumi yang dicuci bersih dan diiris bulat, 3 sdm saus tiram, 2 sdm saus tomat, 2 sdm saus sambal, garam dan gula secukupnya, 3 lembar daun jeruk serta 1 buah bawang bombay diiris tipis.

Lalu siapkan juga 1 batang daun bawang yang dicincang halus, air dan minyak goreng secukupnya, kaldu ayam bubuk secukupnya, boleh tidak digunakan dan 2 cm jahe yang dimemarkan.

Untuk bumbu halus, siapkan 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 buah cabai rawit, 3 buah cabai merah besar yang dibuang isinya dan 2 cm kunyit.

Untuk memasaknya sangat mudah kok!

Panaskan terlebih dahulu minyak pada wajan, lalu tumis bawang bombay sampai jadi harum. Kemudian tambahkan bumbu halus yang sudah disiapkan tadi, tumis kembali sampai aromanya sedap.

Lalu, masukkan cumi dan berilah sedikit air. Setelah itu, masak cumi sampai empuk atau hingga setengah matang.

Selanjutnya tambahkan garam, gula, saus tomat, saus tiram, jahe, saus sambal, daun bawang dan kaldu ayam bubuk secukupnya.

Jika sudah, masaklah semua bahan tadi sampai bumbu benar-benar meresap. Lalu, tambahkan daun bawang dan kembali masak sampai daun bawangnya layu.

Agar rasanya sempurna, jangan lupa untuk koreksi rasa, karena sudah tidak berpuasa kan, jadi mencicipi boleh. Kemudian, tambahkan gula atau garam jika rasa kurang manis atau asin.

Setelah rasanya sudah pas sesuai selera, masaklah sampai cumi mendidih dan matang, lalu angkat kemudian bisa disajikan bersama nasi hangat tentunya.

Bagaimana menu seafood untuk Lebaran tumis cumi saus padang ini? Pasti tidak akan ada yang bisa menolak kelezatannya deh apalagi anak-anak. Selamat berlebaran!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -