3 Mitos Soal Makanan yang Dipercaya Orang Indonesia Padahal SALAH!

Sering banget nggak sih dengerin orang tua jaman dulu bilang mitos makanan seperti eh makanan ini tuh nggak boleh karena bla bla bla.. Padahal kenyataannya belum tentu benar.

Orang tua banyak yang terlalu paranoid sehingga hal ini dan hal itu menjadi banyak mitosnya. Seperti yang terjadi pada makanan di bawah ini. Mitos makanan ini masih banyak dipercaya orang Indonesia padahal mah nggak benar.

Nanas Bikin Keguguran

mitos makanan

Mitos makanan nanas bikin keguguran itu nggak selamanya benar. Asal kamu tahu, nanas mengandung banyak vitamin A dan antioksidan yang bagus untuk tubuhmu. Memang sih di dalam nanas terkandung enzim bromelain yang bisa menyebabkan lemahnya leher rahim dan mengakibatkan rahim berkontraksi. Wanita hamil masih bisa mengonsumsi nanas dengan anjuran dari dokter.

Perlu diingat, nanas muda atau yang masih mentah bisa sangat berbahaya karena bisa menginduksi aktivitas dari uterus. Jadi kalau mau makan nanas saat hamil pastikan yang sudah matang ya.

Makan Buah Setelah Makan (Sebagai Pencuci Mulut)

mitos makanan

Ini nih kebiasaan orang Indonesia. Orang tua banyak yang bilang jika makan buah sebelum makan berat, perut akan sakit. Sebenarnya yang disarankan dokter dan ahli gizi ialah makan buah sebelum makan berat (hidangan utama) karena buah mengandung banyak serat dan juga terdiri dari gula buah atau fruktosa yang merupakan karbohidrat sederhana.

Gula buah dan fruktosa ini mudah sekali untuk dicerna oleh tubuh. Jadi, kalau saja kamu memakannya sesudah makan besar, otomatis buah yang mudah tercerna itu justru cepat menjadi busuk. Pada akhirnya mengeluarkan gas yang jadi penyebab kembung.

Makan Malam Bikin Gemuk

mitos makanan

Mitos makan malam bikin gemuk itu nggak benar. Makan malam itu nggak bikin gemuk kok, asal kamu mengonsumsi makanan tinggi serat, namun rendah kalori dan karbohidrat seperti buah dan sayuran. Saat tidur, metabolis tubuhmu akan melambat, namun akan tetap mencerna makanan berserat tinggi dengan baik. Makanya jangan takut makan malam ya!

Kumpulan Berita Terkait