Mitos Turun Berok, Begini Cara Tepat Mengatasinya

Hernia atau turun berok merupakan kondisi sebagian organ usus yang keluar dari tempat seharusnya. Kondisi ini tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan matinya usus.

Sayangnya banyak mitos beredar, turun berok bisa sembuh dengan yoga, diurut, atau  hilang dengan sendirinya. Perlu diketahui, sebaiknya hernia tidak diurut karena bisa merobek lapisan membran yang menahan usus.

Sebenarnya jika turun berok dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

Faktor penyebab turun berok bisa jadi karna terlalu lama berdiri, penyakit sembelit, mengangkat beban berat atau batuk selama bertahun-tahun.

Baca Juga:

Jika ada tekanan besar, usus bisa keluar melalui lubang locus minorus. Salah satu gejalanya, timbul nyeri pada perut bagian bawah dan bisa saja muncul benjolan di bagian peut.

Penanganan yang tepat jika hernia masih kecil, itu dapat kembali pulih sempurna, dengan tidak banyak kegiatan yang membutuhkan aktivitas mengedan.

Jika semakin membesar maka dibutuhkan operasi untuk mengobati cacat akibat hernia, karena ukurannya dapat meningkat dan menjadi lebih menyakitkan.

Nah, mulai sekarang jaga kesehatan ya, minum air putih dan istirahat yang cukup, jaga berat badan dan jangan lupa untuk berolahraga.(put)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -