Modus Baru Peredaran Narkoba, Ekstasi Berbentuk Tokoh Kartun Minion

JAKARTA (!) – Tim Gabungan Polri dan Bea Cukai menggagalkan penyelundupan 1,2 Juta butir ekstasi jaringan internasional asal Belanda. Ekstasi tersebut dibentuk menyerupai tokoh kartun Minion.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto, mengatakan modus ekstasi berbentuk tokoh kartun merupakan pertama kali yang ia temukan. “Modus seperti ini (ekstasi berbentuk minion), modus baru,” ungkapnya.

Berbentuk menyerupai tokoh kartun itu diduga diedarluaskan termasuk ke kalangan remaja dan anak-anak. Menurut Eko, hal demikian adalah cara pengedar memperluas penjualan barang haram tersebut. “Secara garis besar itu (cara) memperluas pasar,” katanya.

Tim Gabungan Polri dan Bea Cukai menggeledah sebuah gudang di Tangerang, Banten dan menemukan dua box ekstasi dengan total 1,2 Juta butir siap edar, pada 21 Juli 2017 lalu.

Pengungkapan ini merupakan hasil penyelidikan selama dua bulan. Tim mendapatkan informasi akan ada pengiriman masuk melalui jalur tikus di perairan pantai utara.

Tiga orang berinisial A, MZ, dan EA diringkus oleh polisi. Tersangka MZ tewas ditembak lantaran melawan petugas. Selain itu, dari pengembangan diketahui, pengendali sindikat itu berasal dari napi lapas Nusakambangan bernama Aseng. (ahda)

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -