Mudik Lebaran 2018, Waspadai 10 Titik Rawan Kemacetan di Jawa Ini

Tandaseru – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa menyebutkan ada 10 titik rawan kemacetan pada arus mudik Lebaran 2018 jalur darat Pulau Jawa. Untuk itu, pengemudi diminta mewaspadai titik kemacetan tersebut.

Pertama titik kemacetan berada di sepanjang Tol Cikampek. Kedua, setelah Nagrek tepatnya di jalur Malangbong Garut, Limbangan Kendal, dan Lingkar Gentong Tasikmalaya.

“Ketiga, gate Gandulan atau Kertasari. Saya dengar dia (gatenya) agak mundur di Kertasari, tadinya mau dibuat di Gandulan, karena portable gatenya,” ujar Kakorlantas di Mapolres Kendal, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018).

Titik kemacetan keempat yakni di jembatan Kalikuto, Kelima Krapyak Semarang sedangkan titik kemacetan keenam berada di Brebes Selatan arah Purwokerto, tepatnya di Pasar Tonjong.“Daerah ini (Brebes) kerap kali terjadi antrean panjang pada arus mudik sebelumnya terutama di pasar itu sering ada antrean panjang,” katanya.

Titik kemacetan ketujuh berada di jalur Malambong, Limbangan Gentong. “Dulu dikenal dengan Jalur Nagrek. Itu setelah Nagrek, ini satu jalur. Itu saya sebut satu titik,” ucapnya.

Untuk titik kedelapan adalah beberapa tempat peristirahatan (rest area) yang akan tetap menjadi biang kemacetan di arus mudik. Hanya saja, kemacetan di rest area biasanya terjadi pada masa arus balik.“Rest area khusus arus balik kalau mudik tidak begitu krusial. Tapi balik rest area di Cipali ada di kilometer 102, 130 dan ada yang Cikampek. Cikampek mulai di kilometer 62, 52, 42,” jelasnya.

Dua lokasi rawan kemacetan terakhir adalah di lokasi penyeberangan Merak-Bakauheni dan Gilimanuk-Ketapang. Daerah penyeberangan ini rawan terjadi kemacetan pasalnya sering terdapat antrean panjang menuju ke lokasi penyeberangan.

“Kesembilan, penyeberangan Merak-Bakauheni dan kesepuluh penyeberangan Ketapang, Gilimanuk-ketapang,” kata dia.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -