Mudik Natal dan Tahun Baru, Tol Pejagan-Pemalang Gratis

Tandaseru – PT Waskita Transjawa Toll Road akan menjadi operator penuh Tol Pejagan-Pemalang. Namun, selama 1-2 inggu pemerintah tidak akan memberlakukan biaya atau gratis kepada kendaraan yang melintas.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan sampai akhir tahun beberapa ruas yang baru diresmikan akan gratis. Namun, mulai tahun depan akan mulai berbayar dengan skema tarif rasionalisasi.

Pemerintah katanya akan memberi potongan tarif bila masyarakat menggunakan jalan tol dari Jakarta-Surabaya. Pasalnya, bila mengikuti ketentuan tarif tol Rp1.000 per kilometer (km) sesuai dengan yang telah ditetapkan pemerintah, maka tarif tol Jakarta-Surabaya akan sangat mahal.

“Jadi tarif tol dari Jakarta-Surabaya tidak akan ditotal secara manual, nanti bisa ada diskon atau rasionalisasi. Kalau tidak nanti tarifnya lebih mahal daripada tiket pesawat,” pungkasnya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, Tol Trans Jawa secara keseluruhan dari Merak-Banyuwangi dengan panjang mencapai 1.150 km ditargetkan selesai pada Desember 2019.

“Ruas Tol yang baru diresmikan nantinya saat mudik Natal dan Tahun Baru sudah bisa dipakai dan gratis. Nanti baru pada tahun depan, mulai berbayar,” ujar Basuki saat peresmian Tol Pejagan-Pemalang di Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11).

Sementara itu, saat ini ada empat ruas yang masih terus dikebut pengerjaannya sampai akhir tahun dalam rangkaian jalan tol Jakarta-Surabaya. Empat ruas tol tersebut, yaitu Tol Sragen-Ngawi, Tol Salatiga-Solo, Tol Batang-Semarang, dan Tol Ngawi-Kertosono.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -