Nggak Bisa Eksis, 6 Negara ini Melarang Selfie Para Wisatawannya Loh!

Tandaseru – Memang berlibur ke luar negeri paling menyenangkan jika mengabadikannya dengan berswafoto alias berselfie di tempat-tempat menarik di sana. Tapi tahu nggak ada sejumlah negara yang melarang selfie bahkan bisa kena denda!

Seperti yang telah diketahui, tujuan utama para wisatawan berlibur mayoritas adalah berfoto dan diunggah ke media sosial.

Maka dari itu, ada banyak sekali lokasi yang instagramable di dunia, tapi tahu nggak sih justru ada beberapa negara yang melarang para wisatawan itu berfoto di negaranya? Seperti dilansir dari ourtripguide.com.

Korea Selatan jadi salah satu negara yang melarang selfie!

Mungkin agak mengejutkan saat Korea Selatan masuk dalam daftar negara yang melarang, padahal banyak yang tahu, Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata favorit dunia.

Hal itu disebabkan ada sejumlah aturan yang wajib diperhatikan di sana.

Seperti peringatan agar para wisatawan berhati-hati saat mengambil foto sovenir di negara tersebut. Lebih ketatnya lagi bahkan wisatawan pun dilarang mengambil gambar dari wanita asli Korea Selatan tanpa persetujuan dari mereka, sekalipun itu di tempat umum.

Jika ada wisatawan yang ceroboh, maka harus rela dihukum untuk membayar denda senilai USD 8,800 atau setara dengan Rp123 Juta sekaligus 5 tahun penjara.

Amsterdam

Jika berlibur ke Belanda, di sana ada tempat terkenal Red Light District yang lokasinya tak jauh dari Dam Square, pusat kota Amsterdam.

Jadi para wisatawan yang ingin menikmati hiburan di Red Light District, dapat sekaligus berkunjung ke Dam Square, lokasi Royal Palace dan Monumen Nasional.

Nah, untuk The Red Light District di Amsterdam sendiri, merupakan tempat terkenal yang terdapat kedai kopi kreatif, kanal yang indah serta rumah bordil yang juga unik.

Banyak wisatawan yang memang sengaja ke Amsterdam untuk mengunjungi ikon-ikon kotanya tersebut. Namun, jangan harap bisa berfoto selfie di sana.

Jika ada wisatawan yang ketahuan mengambil gambar pada daerah tersebut, terutama lokasi di sekitar rumah bordil, maka bisa dipastikan kamera akan disita, bahkan bisa dipukuli.

Uni Emirat Arab

Bukan hanya jadi tempat terlarang untuk berfoto, Uni Emirat Arab atau UEA dapat menjatuhi hukuman denda USD1.361 atau setara dengan Rp19 Juta serta penjara selama 3 bulan bagi mereka yang tetap bandel berfoto.

Alasan kenapa pemakaian kamera itu dilarang di UEA juga akibat para penduduk di sana percaya pada takhayul.

Bukan itu saja, para wisatawan juga tak bisa mengambil gambar istana Syekh, gedung pemerintah serta jembatan tertentu.

Amerika Serikat

Memang dari negara lainnya, Amerika Serikat punya hukum pengambilan gambar yang jauh lebih santai.

Namun tetap saja, para wisatawan bisa dapat masalah besar, saat mencoba berselfie di luar properti milik orang lain yang tidak ada pemiliknya di sana.

Misalnya, ada sebuah rumah etnik dan ingin berfoto di sana, tanpa meminta izin yang punya rumah tetap saja itu dianggap tidak sopan, jadi disarankan selalu meminta izin saat akan memotret properti seseorang.

Jepang

Khusus untuk nigari sakura ini, wisatawan dilarang berselfie atau mengambil foto patung serta kuil tertentu, tapi tak semuanya terlarang.

Memang di Jepang ada banyak kuil Buddha yang sengaja melarang para wisatawan untuk memotret, hal itu karena perilaku turis yang cenderung buruk saat di sana.

Maka sebaiknya sebelum memotret di lingkungan kuil atau lokasi wisata tertentu, bacalah terlebih dahulu peringatan yang ada di sana atau peraturan yang terdapat di tempat itu.

Aljazair

Negara ini memang cukup konservatif, khususnya pada wilayah selatan negara tersebut. Di lokasi tersebut tak bisa mengambil foto para pria kecuali mendapatkan persetujuannya.

Sedangkan untuk para wanita tak bisa difoto sama sekali sekalipun mereka menyetujuinya.

Pasalnya, di sana wisatawan hanya boleh memotret wanita hanya dengan seizin ayah atau suaminya saja.Sebab, wanita di sana dianggap jadi milik mereka.

Bahkan dilarang keras mengambil foto lokasi tertentu seperti objek militer, bendungan dan jembatan. Jadi sebaiknya tinggalkan saja kamera di rumah atau kamar hotel Anda.

Jadi saat berkunjung ke salah satu negara yang melarang selfie di atas, Anda harus lebih berhati-hati lagi ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -