Nggak akan Bosan, ke Kota Bawah Tanah Australia

AUSTRALIA (!) – Ingin merasakan wisata liburan dengan sensasi tak biasa? Coober Pedy di Australia ini bisa menjadi solusi tempat refreshing bersama keluarga.

Selain spesial dengan kanggurunya, kota ini memiliki tempat liburan unik yaitu kota bawah tanah.

Coober Pedy merupakan sebuah kota kecil yang sebagian besar penduduknya tinggal di lorong bawah tanah. Lokasi ini berada di Australia Utara, sekitar 850 km dari Adelaide di Stuart Highway.

Kota ini termasuk paling tandus di Australia, karena memiliki suhu udara ekstrim. Membuat para penambang memiliki ide untuk menggali rumah di lereng bukit.

australia

Kota Coober Pedy dibangun dengan mengikuti penemuan pertambangan Opal pada 1910. Ketika musim panas, suhu di area kota ini mencapai 40 derajat celcius sehingga kelembapannya di bawah 20 persen.

Para penduduk akhirnya mulai berdiam diri di bawah tanah. Kota Coober Pedy akhirnya resmi didirikan pada 1915.

Meski Coober Pedy sebuah kota yang kecil, namun sarana yang ada di sana cukup lengkap loh. Mulai dari galeri kesenian, kolam renang, toko buku, museum, gereja, dan hotel yang disediakan bagi para traveler yang ingin merasakan sensasi tinggal di bawah tanah.

australiaTak perlu khawatir tinggal di kota bawah tanah ini. Terdapat fasilitas seperti televisi dan dapur modern bagi warga yang tinggal di bwah lubang galian ini.

Coober Pedy juga dikenal sebagai kota pemasok batu opal berkualitas di dunia. Batu opal di sini juga sebagai mata pencaharian utama penduduk setempat.

Setiap tahunnya para penduduk dari semua usia akan berkumpul untuk merayakan berakhirnya musim panas dengan mengadakan parade dan kegiatan di luar ruangan.

Kumpulan Berita Terkait