Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Obama: Media Sosial Penting, Tapi Lebih Baik Bertemu Langsung

JAKARTA (!) – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengaku prihatin atas penggunaan media sosial yang dinilai tidak bertanggung jawab.

Obama, yang resmi digantikan oleh Donald John Trump pada Januari tahun ini, mengingatkan bahwa tindakan semacam itu mendistorsi pemahaman masyarakat tentang isu-isu kompleks, dan menyebarkan informasi palsu (hoaks).

“Kita semua harus menemukan cara untuk menciptakan ruang bersama di internet,” kata dia, seperti dikutip BBC, Kamis, 28 Desember 2017.

Presiden AS ke-44 ini juga menyatakan keprihatinannya tentang masa depan di mana orang-orang hanya membaca dan mendengarkan hal-hal yang memperkuat pandangan mereka sendiri tanpa disertai fakta-fakta.

“Salah satu bahaya internet adalah bahwa orang dapat memiliki realitas yang sama sekali berbeda. Mereka dapat terlindungi dalam informasi yang memperkuat bias mereka saat ini,” ungkapnya.

Pernyataan ini, mungkin, diperuntukkan bagi Trump. Meski Obama tidak menyebutkan namanya.

Diketahui, Trump telah dituduh terlalu sering menggunakan akun media sosial Twitter dalam berkomunikasi, ketimbang bertemu langsung dengan rakyat AS.

Trump akan Beberkan Dokumen Pembunuhan Presiden John F Kennedy
President Amerika Serikat, Donald Trump (tandaseru.id/ISTIMEWA).

Untuk itu, Obama menyarankan untuk bertemu langsung atau bertatap muka. Hal ini akan membantu melawan pandangan ekstrem di media sosial.

“Media sosial adalah alat yang sangat ampuh bagi orang-orang yang memiliki kepentingan bersama untuk saling terhubung. Tapi, lebih penting lagi bagi mereka untuk ketemu langsung. Entah di pub, rumah ibadah maupun di lingkungan sekitar,” tegas Obama.

Ia pun mengaku sangat beruntung dikelilingi orang-orang terkasih, yaitu keluarganya.

Obama juga memberikan penghormatan kepada istrinya, Michelle, dan menggambarkan kalau mereka berdua adalah pasangan paling berbahagia.

“Jadilah ‘manusia yang sebenarnya.’ Bertatap muka atau bertemu langsung ‘lebih sehat’ karena kita (manusia) pada dasarnya
adalah makhluk sosial. Dengan bercengkerama, kita akan menjadi lebih toleran,” tutur Obama.

Anda mungkin juga berminat