Telinga Sering Sakit? Obati Pakai Bahan Alami yang Ada di Rumah Aja!

Tandaseru – Memiliki telinga yang sakit memang menyebalkan, apalagi jika sampai mengganggu segala aktivitas serta istirahat, tapi sebelum ke dokter coba pakai obat alami untuk sakit telinga ini saja!

Memang sakit pada telinga tidak selalu menandakan kondisi serius, tapi gangguannya terkadang membuat sulit beraktivitas dan beristirahat dengan nyaman.

Tidak perlu langsung memutuskan pergi ke dokter, ada berbagai cara alami yang bisa ditemukan langsung dari rumah Anda loh!

Kompres panas atau dingin bisa jadi obat alami untuk sakit telinga

Obat alami pertama ini adalah dengan meletakkan handuk yang dibasahi air panas pada telinga selama kurang lebih 20 menit. Handuk tersebut akan membantu untuk mengurangi peradangan serta rasa sakit pada telinga.

Bukan hanya terapi panas, mengompres dengan air dingin juga mampu atasi sakit telinga. Celupkan handuk dalam air dingin, lalu letakkan di telinga, maka akan cukup efektif meredakan sakit.

Atau bisa juga dengan membungkus es batu pada handuk dan ditempelkan pada darah sekitar bawah telinga selama  20 menit.

Lakukan pemijatan

Jika terasa sakit pada sekitar rahang gigi atau jadi terasa sakit kepala akibat tegang, maka bisa lakukan pemijatan pada otot di area yang terasa sakit.

Misalnya, saat merasa sakit telinga di bagian belakang, cobalah untuk memijat otot rahang serta leher. Pemijatan tersebut mampu membantu atasi rasa sakit akibat infeksi telinga.

Mulai dengan memijat dari belakang telinga sampai bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah. Kemudian, pijatlah bagian depan telinga untuk mengalirkan cairan berlebih dalam telinga penyebab rasa sakit yang berlebihan.

Meregangkan leher

Ada juga sakit telinga yang disebabkan akibat tekanan pada lubang atau saluran telinga. Beragam peregangan pada leher bisa digunakan untuk meredakan tekanan tersebut.

Pertama duduklah tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah. Putar leher perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Angkatlah bahu tinggi-tinggi seolah akan menutup telinga dengan bahu.

Lakukan kegiatan tersebut setiap bangun tidur dan ketika telinga terasa sakit.

Buat ramuan bawang putih

Ahli dari The Cleveland Clinic, Brandon Hopkins, MD mengungkapkan seklaipun belum ada bukti ilmiah soal khasiat bawang putih untuk atasi sakit telinga, tapi cara tersebut boleh dicoba.

Penelitian menunjukkan bawang putih punya sifat antibiotik serta antimikroba yang membantu melawan infeksi.

Bawang putih dapat diolah menjadi obat tetes telinga dengan merendam bawang putih yang sudah dihancurkan dalam minyak zaitun atau minyak wijen hangat, usai disaring, ambil minyak tersebut dan oles dalam lubang atau saluran telinga.

Pakai minyak tea tree dan zaitun

Minyak tea tree memiliki kandungan serangkaian senyawa antijamur, antiseptik, antiradang serta antibakteri baik digunakan untuk obat sakit telinga alami.

Minyak tersebut pun cocok untuk dijadikan minyak obat tetes untuk mengurangi rasa sakit dan rasa tak nyaman di telinga.

Agar terhindar dari alergi, bisa campurkan minyak tea tree dengan minyak zaitun hangat sebelum diteteskan pada telinga.

American Academy of Pediatrics mengungkapkan sekalipun belum adanya bukti ilmiah, namun minyak zaitun dapat digunakan dan cukup efektif untuk atasi sakit pada telinga.

Jadi jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang sakit di telinga, bisa coba redakan sakitnya dengan salah satu obat alami untuk sakit telinga di atas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -