Operator Diserahkan ke Swasta, Pemerintah Segera Buka Tender Pelabuhan Patimban

Tandaseru – Pemerintah akan menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Patimban kepada pihak swasta. Hingga saat ini sudah 10 perusahaan swasta berminat untuk ikut tender pengelolaan pelabuhan tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan akan segera membuka tender untuk menentukan siapa yang menjadi operator pelabuhan dengan kemungkinan konsesi yang diberikan selama 20 tahun.

“Mestinya, logikanya, karena dia tidak investasi, paling lama (mendapatkan konsesi) 20 tahun. Karena yang investasi kan pemerintah, bukan pihak swasta yang menjadi operator,” ujar Budi

Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan memastikan Pelabuhan Patimban tidak lagi dikelola oleh Pelindo atau BUMN. Saat ini ada swasta dalam negeri dan pihak Jepang yang berminat menjadi operator.

“Ini supaya nanti bisa bersaing antara Priok dengan Patimban dan akan ketahuan mana yang lebih efisien dan tidak efisien,” ujar Luhut.

Dia mengungkapkan diharapkan Pelabuhan Patimban dapat merangsang perbaikan pelayanan di pelabuhan lain di Indonesia. Di antaranya Pelabuhan Tanjung Priok.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait