Orangtua Harus Tahu, Begini Cara Ubah Anak Manja!

JAKARTA (!) – Orangtua yang tidak membiarkan anaknya melakukan segala hal sendiri, kadang membuat mereka jadi manja. Lalu, bagaimana jika anak tersebut akan beranjak dewasa? Bisakah anak manja jadi lebih mandiri?

Memang sulit untuk menjadikan anak yang terlanjur manja jadi lebih mandiri, tapi tenang, hal itu masih bisa dirubah kok. Orangtua dapat mendidik buah hati selama dia belum jadi dewasa. Ini dia caranya mengatasi anak manja!

Menjaga Komunikasi

Untuk merubah sikap manja anak, yang perlu dilakukan pertama kali oleh orangtua adalah menjaga serta memperbaiki komunikasi dengan anak.

Saat meminta anak untuk melakukan sesuatu, maka berikanlah penjelasan pendek yang mudah dimengerti anak. Misalnya saat menyuruhnya mandi, cukup katakan “nak, segera buka baju, simpan di keranjang cucian, kemudian mandi”.

Tidak perlu lakukan komunikasi seperti membujuk dan sebagainya atau malah membantunya untuk mandi.

Kompak Memperlakukan Anak

Hal ini juga penting untuk merubah anak manja, bekerja sama dengan orang-orang di sekitarnya bisa jadi solusi yang tepat.

Karena baik itu kakek, nenek, kakak bahkan pengasuhnya pun diberitahukan agar kompak memperlakukan sang anak dengan cara yang sama. Jadi hal itu akan jadi contoh bagi anak kalau tidak ada yang bisa membelanya karena semua anggota keluarga akan berlaku sama padanya

Dengan begitu dia akan terpacu untuk melakukan segala hal sendiri tanpa bantuan orang lain.

Tetap Sabar

Semua hal itu perlu adanya proses, begitu pula dengan perubahan sikap anak yang telah terlanjur manja. Maka dari itu, jangan langsung memarahi sang anak ketika dia belum bisa mandiri dengan cepat.

Konsisten

Biasa saat anak merasa cepat bosan, apalagi jika mereka merasa tidak mampu untuk melakukannya serta terus menerus dipaksa untuk jadi orang yang mandiri.

Tetapi, bukan berarti saat dia bosan orangtua justru menolongnya, tapi cukup dengan terus memberikan dorongan serta motivasi kepada buah hati agar dia semangat untuk bisa jadi pribadi yang lebih mandiri.

Menghargai

Hal ini juga sangat penting dilakukan para orangtua, saat anak berhasil melakukan sesuatu sesuai dengan harapan orangtuanya, maka jangan pernah lupa untuk memberinya penghargaan.

Penghargaan itu bisa berbentuk apapun, mulai dari ucapan selamat sampai memberinya sebuah hadiah. Dengan begitu, sang anak akan merasa bangga serta termotivasi untuk melakukan hal-hal baik seperti yang orangtua inginkan.

Bahkan jika mereka telah terbiasa, tanpa diminta pun anak akan berinisitasif untuk melakukan sesuatu hal yang baik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -