Wow! Oxford jadi Kota Tanpa Polusi di Dunia

OXFORD (!) – Wow, akan ada kota tanpa polusi di dunia! Tahun 2020 kota Oxford, Inggris akan bertransformasi menjadi kota tanpa polusi udara dengan meniadakan kendaraan berbahan bakar gas.

Kenapa hal tersebut dilakukan?

Polusi udara akhir-akhir ini sudah semakin parah. Banyaknya polusi, secara tidak langsung akan menyebabkan penyakit pada tubuh. Terlebih lagi udara yang dihasilkan dari saluran pembuangan kendaraan bermotor bisa sangat mengganggu pernapasan.

Rencana besar tersebut bukan tanpa tujuan, Inggris ingin menerapkan kebijakan tanpa kendaraan seperti ini dalam rangka pencegahan Global Warming.

Walikota Oxford John Tanner mengungkapkan sebuah perubahan besar sangat dibutuhkan untuk mencegah polusi udara yang dapat merusak kesehatan penduduk Oxford, bahkan mengancam keadaan alam dunia.

Lalu, apa solusi yang pas?

Dengan ancaman Global Warming yang semakin menjadi, membuat Inggris berpikir untuk menciptakan kota tanpa polusi pertama dunia.

Jadi nanti pada tahun 2020, kurang lebih enam jalan di pusat kota Oxford akan terbebas dari kendaraan yang berbahan bakar gas, bahkan termasuk terbebas dari angkutan umum seperti bus maupun taksi.

Kemudian berlanjut pada tahun 2035, direncanakan untuk memperluas kebijakan serupa ke seluruh pusat kota dan tidak menutup kemungkinan untuk diberlakukannya pelarangan terhadap penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil.

Sehingga seluruh penduduk di kota Oxford, Inggris beralih menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan utamanya.

Selain itu data dari World Health Organization atau WHO menyatakan kota Oxford merupakan satu dari sebelas kota di Inggris yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi terhadap partikel beracun.

Baca Juga:

Maka untuk mewujudkan rencana besar tersebut diperkirakan menghabiskan dana sebesar 7 juta poundsterling atau setara dengan lebih dari Rp125 miliar untuk penggantian dari kendaraan berbahan bakar gas dan fosil ke kendaraan listrik.

Tidak sampai di situ, dibutuhkan tambahan kurang lebih 7 juta poundsterling lagi untuk melakukan pemasangan terhadap kamera CCTV dengan teknologi pengenalan plat nomor. Jadi nanti pengendara kendaraan akan dipantau dan yang tidak mematuhi peraturan akan langsung dikenakan sanksi.

Kira-kira Indonesia bisa nggak ya menerapkan hal yang sama beberapa tahun kedepan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait