Tidak Baik Mom Paksa Anak Tidur Jam 9 Tepat, Alasannya?

Tandaseru – Anak kerap dibiasakan untuk tidur tepat waktu setiap harinya, tapi jika memaksanya justru tidak baik. Kenapa paksa anak tidur tepat jam 9 tidak baik ya?

Ternyata tidak semua hal yang merupakan rutinitas itu baik bagi anak, hal itu memang harus disesuaikan dengan kondisi dari anak tersebut.

Seperti salah satunya waktu tidur anak, terkadang orang tua secara alami akan menginginkan anak-anak untuk tidur tepat waktu karena umumnya anak kecil itu membutuhkan waktu tidur lebih lama dibandingkan orang dewasa.

Jadi, kenapa paksa anak tidur tepat jam 9 tidak baik?

Umumnya, anak-anak memang sudah harus tidur jam 9 malam, tapi bagaimana jika anak tersebut tidak ingin tidur seperti yang dijadwalkan dan juga disarankan oleh banyak orang?

Saat ibu sudah mencoba beberapa kali menyuruhnya tidur, tetapi si kecil masih saja menolak untuk tidur bahkan mengaku dirinya tidak bisa tidur, maka sebaiknya ibu jangan memaksanya.

Hal tersebut disimpulkan FiveThirtyEight pada artikel seri Science Question From a Toddler di The Science of Us, yang mengakui waktu tidur itu lebih pada konstruksi sosial dibanding hal lain dengan anak.

Memang umumnya, anak memiliki waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa, namun ada banyak variabilitas dalam hal tersebut yang memungkinkan anak untuk tidak tidur tepat pada waktunya.

Jadi apa penyebab anak tidur telat?

Oskar Jenni, seorang peneliti Child Development Center dari University Children’s Hospital yang ada di Zurich, membenarkan bahwa ada sejumlah alasan yang bisa membuat anak tidur terlambat.

Oskar berpendapat ada kemungkinan, anak mempunyai tingkat energi yang sangat tinggi, maka hal tersebut yang membuatnya butuh waktu lebih lama lagi agar energinya habis untuk beraktivitas dan benar-benar merasa lelah.

Jika sudah begitu, barulah dia bisa pergi tidur. Nah, saat anak tidak terlalu banyak beraktivitas, makan tak heran jika dia jadi sulit tidur pada malam hari.

Hal di atas bukanlah masalah besar untuk para Ibu, karena hadapi dengan tenang dengan menemani mereka bermain atau bisa juga dengan membiarkannya melakukan sesuatu sampai lelah, barulah temani si kecil tidur.

Jadi sebisa mungkin untuk tidak memaksakan kehendak ibu, apalagi sampai memarahi sang anak akibat dirinya belum bisa tertidur.

Saat itu terjadi, maka anak bisa merasa tertekan bahkan trauma, dan membuat hubungan Anda dengan anak renggang.

Sekarang sudah paham kan kenapa paksa anak tidur tepat jam 9 tidak baik, bukan hanya membuat sang anak jadi lebih sulit tidur karna memang belum lelah, dengan memarahinya pun membuat hubungan ibu dan anak renggang, tidak mau kan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait