5 Panglima Dayak Misterius, Bisa Bunuh Musuh Sekali Tebas!

JAKARTA (!) – Selain hantu, Kalimantan juga terkenal dengan kesaktian suku Dayak. Kabarnya, suku ini punya panglima perang misterius yang sanggup menumpas musuh hanya dengan sekali tebas.

Panglima dari suku Dayak ini nyatanya sangat mengerikan dan misterius. Ada beberapa panglima suku Dayak yang hingga saat ini keberadaannya masih sangat misterius. Siapakah mereka, silakan disimak.

Panglima Api

Salah satu panglima perang yang diyakini berasal dari suku Dayak Iban ini, konon sangat sukar dijumpai bahkan hampir tidak pernah bisa ditemui, apalagi di masa saat ini.

Pasalnya, panglima ini diyakini akan muncul hanya ketika terjadi perang serta ketika pasukan suku Dayak berhasil dipukul mundur musuh.

Kemunculan panglima ini, bagi suku Dayak dapat memberikan energi melalui roh Kamang Tariu (para roh panglima perang).

Yang mengerikan saat panglima api ikut langsung berperang menghabisi musuh, yaitu dia bisa menghabisi semua pasukan musuh hanya dengan satu hembusan api saja.

 

Panglima Angsa

Sosok panglima satu ini punya dua nama lain, yaitu Panglima Guntur dan Panglima Kilat. Namanya sangat menggambarkan kekuatan panglima yang sangat mengerikan itu.

Konon menurut kisah di kalangan suku Dayak, kemunculan Panglima Angsa bersamaan dengan Guntur dan ketika berperang dia bisa menghabisi ratusan orang musuhnya hanya dengan tebasan yang secepat kilat.

Seperti Panglima Api, sosok Panglima Angsa juga sangat misterius. Selain dia muncul ketika terjadi perang, keberadaannya juga nyaris tidak dapat diketahui.

Menurut cerita, jika Panglima Angsa sampai muncul, maka sudah bisa dipastikan banyak yang akan jadi korban dari kalangan musuh suku Dayak.

Panglima Naga

Bagi masyarakat suku Dayak, panglima perang yang satu ini sangat dihormati, sekaligus sosok yang misterius.

Panglima Naga memang sulit ditemui, konon terakhir sosoknya dapat terlihat ketika masa penjajahan dulu. Hingga saat ini sosoknya masih dipercayai keberadaannya, tapi hampir tidak mungkin untuk bisa bertemu.

Hal tersebut karena panglima satu ini hidupnya berpindah-pindah dari puncak gunung yang satu ke gunung lainnya.

Panglima Sumpit

Sosok panglima yang terakhir ini tidak kalah hebat dari panglima yang lainnya. Menurut cerita panglima ini punya kekuatan mengerikan dengan memakai sumpitnya. Konon dia dapat memerintahkan sumpit milik suku Dayak untuk terbang sekaligus membunuh musuh-musuhnya.

Hanya saja, sosoknya yang misterius, membuat panglima satu ini hampir tidak mungkin untuk dijumpai. Sebenarnya ada dua lagi panglima dari suku Dayak, yaitu Panglima Kumbang serta Panglima Burung.

Kengerian dari kedua panglima tersebut sama menakutkannya seperti yang lain, mereka juga ikut terlibat pada tragedi Sampit yang sangat mengerikan.

Jika dilihat dari semua kemampuan para panglima suku Dayak, maka tidak heran jika ketika zaman penjajahan dulu, tanah Borneo Kalimantan sulit untuk ditaklukkan Belanda ataupun Jepang.

Kumpulan Berita Terkait