Patungan Prototipe Pesawat R80

JAKARTA (!) – Mimpi besar BJ Habibie menuai terang, Setelah puluhan tahun menunggu, 15 Juni 2017 program R80 mendapatkan dukungan pemerintah dan dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional.

Pesawat R80 adalah pesawat rancangan BJ Habibie, disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Regio Aviasi Industri (RAI) didirikan oleh Presiden BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie. Bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang.

pesawat R80

RAI khusus mengembangkan pesawat udara R80, untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional.

Uniknya, Pengadaan prototip R80 dilakukan dengan cara Crowdfunding (patungan publik). RAI menggandeng kitabisa.com untuk program ini.

Total biaya pembuatan prototype pesawat R80 mencapai lebih dari Rp 200 Milyar. Sedangkan keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai sekitar 20 trilyun Rupiah.

Crowdfunding nilai utamanya bukan di jumlah donasi, tapi sebagai bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia. (mac)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -