Nggak Nyangka, 5 Pejabat di Luar Negeri ini Punya Darah Indonesia!

Tandaseru – Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa ada Pejabat Luar Negeri keturunan Indonesia yang masih eksis bahkan sukses di negara tempatnya menetap saat ini!

Memang Indonesia jadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak, belum lagi beragamnya etnis dan suku di dalamnya yang membuat Indonesia kaya akan sumber daya manusia.

Kegemaran merantau ke tempat atau negara lain pun kerap dilakukan, entah untuk urusan bisnis, mencari pekerjaan atau untuk berpolitik.

Karena hal tersebut ada sejumlah orang Indonesia yang memutuskan menetap, membangun hidup serta keluarga di tanah rantau sampai ada yang sukses bahkan jadi pemimpin di negara tersebut.

Peter M, Christian jadi Pejabat Luar Negeri keturunan Indonesia loh!

Tahu nggak sih Presiden Mikronesia ternyata masih memiliki darah Indonesia? Kenyataannya negara dengan nama Federated States of Micronesia yang berada di utara Papua Nugini tersebut dipimpin oleh generasi ketiga bernama Peter M, Christian.

Peter ternyata ada keturunan Maluku yang berarti masih satu keluarga dengan penduduk Indonesia. Hal itu diungkap oleh Presiden Joko Widodo saat bersama Peter di Istana Bogor, Juli lalu.

Richard Rakotonirina

Sekalipun jaraknya jauh dari Indonesia, konon nenek moyang orang Madagaskar berasal dari Indonesia. Jadi tidak heran saat banyak kemiripan dari orang di negara tersebut dengan Indonesia.

Richard Rakotonirina merupakan salah satu pemimpin yang sukses di negara pesisir timur Afrika tersebut. Richard pun mengaku ayahnya berdarah Indonesia.

Sekalipun saat ini menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer Angkatan Darat (Akmil AD) di Madagaskar, dia tetap mencintai Indonesia dengan beragam budaya dan adatnya.

Paul Somohardjo

Namanya sangat khas Indonesia, Paul merupakan mantan Ketua Parlemen Suriname periode 2005-2010. Dia memimpin partai politik Pertjajah Luhur yang kadang dieja sebagai Pertjajah Luwur atau Perdjaja Luhur.

Jika dilihat dari garis keturunan, kakek serta nenek Paul merupakan keturunan Semarang dan juga Surakarta. Jadi tidak heran sosoknya kerap berkunjung ke Jawa karena memang masih keluarga Indonesia.

Ahmad Zahid Hamidi

Zahid merupakan salah satu pemimpin sukses di Malaysia yang berdarah Indonesia. Dia menjabat sebagai Mendagri atau Menteri dalam negeri sekaligus tokoh politik senior di Partai Barisan Nasional (UMNO).

Zahid mengakui dirinya asli keturunan Indonesia, karena kakeknya asal Kulon Progo, sedangkan neneknya orang Ponorogo. Walaupun dibesarkan di Malaysia, dia mengaku bisa berbahasa Jawa.

Yusof Ishak

Tun Yusof Ishak merupakan Presiden pertama Singapura yang memerintah pada 1965-1970. Seperti dilansir dari goodnewsfromindonesia.id ternyata Yusof merupakan keturunan ke 4 dari Dt Jonaton.

Keluarganya merupakan orang Minang – Pagaruyung yang memang merantau ke Singapura pada 1730. Hebatnya, wajah Yusof diabadikan dalam uang dolar Singapura sebagai bentuk penghormatan pada jasanya.

Nah, bagaimana menurut Anda soal Pejabat Luar Negeri keturunan Indonesia di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait