Pelaku Pengganjal Lubang ATM Dapatkan Kartu ATM dari Copet

JAKARTA (!) – Jajaran Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap 2 orang pelaku pengganjal lubang mesin ATM dengan tusuk gigi. Pelaku EF (28) dan AYP (37) menukar kartu ATM korbannya di Jalan RA Kartini, Cilandak Barat Jakarta Selatan.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Mardiaz Kusin mengutarakan kedua pelaku ini mendapatkan kartu-kartu ATM dengan berbagai jenis dari seorang copet.

“Menurut pengakuan tersangka, kartu ATM didapat dari copet. Kita masih mencari pencopet yang memberikan kepada tersangka (kartu ATM),” kata Kombes Pol Mardiaz Kusin di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (12/01).

Mantan Kapoltabes Medan ini menyatakan pelaku dalam menjalankan aksinya selalu di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang sepi. Karena dengan kondisi yang tidak terlalu ramai ini akan dapat memperlancar pelaku.

“Menurut keterangan AYP, dia memang mobile mencari ATM, katakanlah kondisinya sepi, sehingga lebih memudahkan,” ucapnya.

Mardiaz menyatakan pelaku pencurian ini sudah beroperasi selama 6 bulan terakhir. Kemudian setiap minggunya para pelaku sudah melakukan aksinya selama 3 kali dengan kejahatan yang sama.

Sampai saat ini polisi masih menyelidiki apakah kedua pelaku dalam menjalankan aksinya ini hanya berdua saja atau memang mempunyai sindikat lainya. Mardiaz menyatakan Kepolisian Sektor Cilandak masih melakukan proses pengembangan.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku dibawa ke Polsek Cilandak untuk di proses lebih lanjut karena diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang mana di maksud dalam rumusan Pasal 363 (1) 4e KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Kumpulan Berita Terkait