Pemenang Sejati

Menjadi seorang pemenang itu bagus, tetapi jika Anda benar-benar ingin menghargai sesuatu dalam kehidupan, rahasianya adalah belajar bagaimana caranya kalah.

Dalam sebuah kompetisi atau olah raga, selalu ada pemenang dan pecundang yang jelas. Lalu apa yang Anda pikirkan tentang menang dan kalah ketika Anda melihatnya terjadi setiap hari dalam kehidupan ini.

Apakah Anda seorang pemenang? Apakah Anda tumbuh, belajar dan berhasil menjadi pemenang sejati? Ternyata dalam kehidupan menang sebenarnya memiliki banyak arti.

Sepanjang pengalaman saya bekerja dan menjadi coach para eksekutif, perwira militer dan profesional semakin saya mengenal arti kemenangan yang hakiki yaitu dari kekalahan lahir sebuah kemenangan.

Anda semua telah belajar lebih banyak dari sebuah kekalahan dibandingkan kemenangan. Anda belajar dari kegagalan, kesalahan dan kesulitan yang Anda hadapi.

Anda bisa menjadi pemenang sejati dengan cara terus bergerak, membangun sikap positif dan memperbaiki segalanya dengan bercermin dari kekalahan sebelumnya. Itulah awal dari sebuah kesuksesan. Tidak ada seorang pun yang selalu menang sepanjang waktu.

Bahkan seorang mega bintang, pemain bola basket dengan bakat luar biasa seperti Michael Jordan pernah menderita kekalahan di playoff selama enam musim. Dia tidak memenangkan cincin juara hingga musim ketujuh di NBA.

Prestasi luar biasa dalam kehidupan akan datang ketika Anda tetap tenang, selalu positif, bekerja dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh dalam suatu tujuan.

Semua orang memang bisa menjadi pemenang, tetapi setiap orang juga bisa kalah. Studi membuktikan bahwa sebagian besar orang sukses di banyak bidang karena mereka mampu mengambil pelajaran dari tantangan terberat yang dihadapi, dan bukan dengan cara meniru resep kesuksesan orang lain.

Sangat penting bagi Anda untuk mendefinisikan kesuksesan bagi diri Anda sendiri baik dalam hal hobi, karier, atau usaha wirausaha. Anda adalah arsitek dari rencana Anda sendiri, apakah itu rencana jangka panjang atau pendek.

Dalam kehidupan kita terlalu mudah dan sering menyalahkan orang lain saat kita gagal, tidak berhasil atau kalah. Prestasi luar biasa dalam kehidupan akan datang ketika Anda tetap tenang, selalu positif, bekerja dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh dalam suatu tujuan.

Kolaborasi

Sebuah kemenangan sejati tidak lahir secara instan. Seorang pemenang selalu memilih untuk berkolaborasi dengan sekelompok orang yang mampu mengeluarkan sisi terbaik diri Anda dan sebaliknya.

Dan seorang pemenang tahu bahwa melalui kekalahan Anda akan belajar sekaligus mulai membangun fondasi serta menyusun rencana yang akan menuntun Anda pada nilai kehidupan yang lebih mulia dari pada sebuah kemenangan semu.

Minggu depan hari Rabu 17 April, rakyat Indonesia akan memilih siapa Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019 sampai dengan 2024.

Adalah fakta bahwa kondisi Indonesia saat ini telah terbelah lebih dalam dibandingkan dengan 2014, maka apapun hasil pemilu kali ini – ia akan mencetak jalan sejarah bangsa ini. Sebagai rakyat kita tentu sudah belajar dari kesalahan atau kegagalan para pemimpin di masa-masa sebelumnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih selalu melindungi dan memberikan keberkahan atas pilihan rakyat Indonesia sebagai pemenang sejati.

Kepada kandidat yang belum berhasil dalam kontestasi kali ini, semoga dengan ksatria bisa mengambil pelajaran berharga dari kekalahannya.

Dan kepada Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih senantiasa diberikan kesehatan lahir batin untuk bekerja dengan hati yang tulus, mampu meneruskan perjuangan demi negeri yang kita cintai dengan membangun Indonesia baru yang maju, sejahtera, adil dan makmur… Aamiin

Penulis Buku Membangun SDM Indonesia Emas dan Tenang Aja

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait