Pemerintah Sebut Pelaksanaan Pilkada 2018 Secara Umum Berjalan Aman

Tandaseru – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebutkan berdasarkan laporan yang diterima pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 yang digelar di 171 daerah sudah berjalan aman dan lancar.

Hal ini dikatakan saat melakukan video conference (vicon) didampingi Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2018).

“Berdasarkan laporan dari seluruh wilayah, tidak ada gangguan keamanan, tak ada aksi teror yang meneror TPS-TPS,” kata Wiranto di lokasi, Rabu (27/6/2018).

Mantan Panglima ABRI ini menjelaskan berdasarkan laporan dari Kapolda, Pangdam, Danrem dan Kabinda, tidak ada gangguan keamanan maupun teror yang mengganggu proses pencoblosan di 387.586 tempat pemungutan suara (TPS).

Meski demikian, Wiranto menyebutkan ada beberapa daerah yang harus ditunda waktu pencoblosannya karena beberapa hal di antaranya kurangnya surat suara dan adanya surat suara yang dilarikan oleh petugas KPPS. “(Kendala tersebut) Sudah bisa teratasi,” ucapnya

Selain itu ia juga menegaskan tidak ada pelanggaran netralitas oleh aparat Polri, TNI dan BIN selama proses pencoblosan.

“Saya sampaikan masalah netralitas. Tidak ada laporan tentang pelaggaran netralitas dari petugas maupun dari aparat keamanan. Baik dari anggota Polri, TNI maupun BIN. tidak ada pelaporan mengenai pelanggaran netralitas itu,” kata mantan Panglima ABRI itu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -