Pencabutan Larangan Sepeda Motor, Polisi: Kita Evaluasi Selama 1 Bulan

JAKARTA (!) – Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan mematuhi putusan Mahkamah Agung terkait pencabutan larangan sepeda motor di wilayah Sudirman-Thamrin.

Meskipun begitu, Kasubdit Standadisasi Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Kingkin Winisuda mengatakan perlu memantau selama 1 bulan kedepan apakah pemberlakuan pencabutan peraturan larangan sepeda motor di wilayah tersebut menimbulkan macet atau tidak.

“Jadi kita dari Korlantas memberikan atensi kepada Ditlantas terkait itu (pembatalan larangan sepeda motor). Tadi sudah disampaikan Kadishub akan melakukan monitoring. Evaluasi kita kasih limit waktu maksimal 1 bulan, apakah dampak dari putusan tersebut justru membawa kemacetan yang lebih parah atau sebaliknya,” kata Kingkin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (12/01).

Kingkin menyebutkan monitoring tersebut dilakukan dengan dasar jumlah kendaraan sepeda motor dan jumlah pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas yang tinggi.

“Di Jakarta ini produksi sepeda motor mayoritas, lebih dominan per hari. Data pelanggaran lantas gimana perilaku pengendara motor di Jalan Jakarta ini, melawan arus, berhenti sembarangan, akhirnya berdampak kemacetan,” tuturnya.

Maka dari itu, Kingkin mengajak kepada pihak terkait untuk sama-sama bisa mengatasi permasalahan yang sudah menjadi pekerjaan rumah di DKI Jakarta ini yaitu masalah kemacetan.

“Tentunya situasi seperti ini pemerintah dan stakeholder terkait kita harus bisa mengendalikan, mengatur kondisi lantas di Jakarta. Tadi sudah dirapatkan dan kajian-kajian yang intinya kita sama sama wujudkan masalah keamanan, keselamatan, ketertiban lalu lintas di Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung telah mengabulkan permohonan Yuliansah Hamid dan Diki Iskandar untuk membatalkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 195 Tahun 2014 terkait dengan pembatasan lalu lintas sepeda motor di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, pada Senin (08/1).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -