Sempat Viral, ini 4 Penemuan Aneh yang Disukai Milenial!

Tandaseru – Tidak pernah menyangka sejumlah penemuan aneh yang viral ini disukai banyak kaum milenial, walaupun saat tercipta dianggap tidak terlalu penting.

Sebelumnya sempat dibahas soal penemuan yang diciptakan anak kecil, kali ini justru beberapa penemuan yang awalnya dianggap aneh.

Tapi uniknya di era milenial penemuan tersebut terbilang menuai kesuksesan. Dilansir dari Thoughtco, inilah sejumlah penemuan yang dianggap “penting nggak penting” itu.

Spinner salah satu penemuan aneh yang viral!

Siapa yang tidak tahu penemuan aneh yang viral ini? Spinner atau fidget spinner merupakan mainan yang berputar dan digerakkan dengan jari.

Gerakan spinner yang hanya berputar di sekitar poros tersebut dipercaya mampu mengurangi stress seseorang, bahkan bisa meredakan rasa cemas.

Bukan itu saja, mainan sederhana yang terbuat dari plastik dan besi tersebut diyakini juga bisa membantu menenangkan orang yang alami gangguan neurologis seperti ADHD dan autisme.

Sempat populer pada 2017, spinner juga mendapat pelarangan sejumlah sekolah akibat banyak anak-anak sekolah yang membawanya.

Ada beberapa sumber merujuk pada Catherine Hettinger, seorang insinyur kimia yang bermula mengajukan dan menerima aplikasi paten untuk spinner pada 1993.

Tapi dia tak menemukan produsen dan patennya gagal pada 2005. Kemudian, pekerja IT, Scott McCoskery, membuat dan menjual versi awal online bernama Torqbar pada 2014 yang membuat mainan tersebut digemari banyak orang.

Pet Rock

Biasanya peliharaan itu kucing, anjing atau kelinci. Tapi bagaimana jika yang dipelihara itu batu? Pada 1975, ada penemuan aneh berupa Pet Rock.

Hadiah tersebut bahkan jadi paling fenomenal selama musim liburan, dan pada 1976 penjualannya mencapai jutaan unit.

Berawal dari Gary Dahl yang menjadikan mainan tersebut sebagai batu peliharaannya, pet rock jadi terkenal setelah Gary mengemasnya sebagai hadiah untuk keluarga terdekat.

Dengan bentuk menyerupai batu dengan sepasang mata, membuat banyak orang tertarik membelinya sebagai hadiah yang unik. Akhirnya pada 2012 silam, pet rock dijual online dengan harga USD19,95.

Chia Pet

Lain lagi dengan mainan yang identik dengan era 1980-an ini. Bentuknya yang unik merujuk patung atau miniatur dengan rambut khas.

Penemuan aneh yang viral ini diciptakan oleh Joe Pedott dan menjual Chia Guy pertama pada 1977 dan mengajukan merek dagang pada Oktober 1977.

Pada era 2000-an, mainan yang tampil dengan beragam bentuk tersebut laku keras. Mulai dari bentuk kura-kura, anak anjing, kucing, katak, sampai karakter kartun seperti Garfield, Scooby-Doo, The Simpsons, dan SpongeBob.

Sekitar setengah juta chia pet terjual setiap tahun selama musim liburan pada 2007. Bahkan ada sejumlah chia pet yang dibentuk menyerupai figur kepala negara di dunia setelah minta izin pada pihak terkait.

Mood Ring

Pada 1975, cincin mood tersebut jadi hits. Hal itu disebabkan warna cincin yang dapat berubah sesuai dengan suasana hati yang memakainya.

Dengan konsep unik itu, membuat penemuan aneh yang viral ini sangat digemari, padahal cincin itu hanya diberikan cairan yang bisa berubah tergantung pada suhu tubuh seseorang.

Penemunya Joshua Reynolds yang memasarkan cincin tersebut sebagai “alat bantu biofeedback portabel”. Sejumlah cincin dijual dengan harga USD250, harga yang cukup mahal saat itu.

Hanya hitungan bulan, Reynolds bisa menghasilkan USD1 juta pertamanya. Selebriti Barbra Streisand dan Muhammad Ali pun menggunakannya.

Nah, Anda pernah melihat atau bahkan memiliki salah satu penemuan aneh yang viral tersebut akibat kepopulerannya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait