Perhatikan Istri, Ini Pengaruh Makan Pedas Saat Menyusui

Tandaseru – Banyak penggemar makanan pedas, tak hanya para remaja namun juga para orang tua. Bahkan tak heran para ibu menyusui juga sangat menyukai makanan pedas. Namun, sudah tahu belum pengaruh makan pedas saat menyusui?

Jika pada dasarnya mereka menyukai makanan pedas, pasti memang sulit untuk menghindari atau berhenti mengkonsumsinya.

Nah, saat menyusui, makanan yang dikonsumsi pada ibu perlu diperhatikan. Sebab nutrisi yang terkandung dalam makanan akan masuk ke air susu ibu.

Tentunya sang ibu harus banyak makan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Seperti buah, sayur, makanan berprotein, agar anak tumbuh dengan sehat.

Bagaimana dengan cabai? Dan apa pengaruh makanan pedas saat menyusui?

Saat masa kehamilan, biasanya ibu mulai mengurangi makanan pedas. Tetapi apakah mengonsumsi pedas dilarang atau berbahaya untuk si kecil?

Dilansir dari Mom Junction, konsumsi makanan pedas saat menyusui ternyata tidak dilarang dan tidak berbahaya.

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa makanan pedas bisa mempengaruhi bayi rewel. Rasa ASI bisa saja berubah karena makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Setiap makanan yang dikonsumsi ibu bisa mempengaruhi rasa yang dikeluarkan oleh ASI. Ketika makan makanan pedas, bisa jadi bayi juga merasakannya. Jadi perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas ya.

Dibalik itu juga ada salah satu keuntungan loh, dengan memakan berbagai jenis rasa maka bisa menjadi sebuah cara untuk memperkenalkan pada si kecil.

Mulai dari rasa asin, manis, asam, sampai pedas. Dengan ibu menyantap beragam makanan lezat, bahkan rasa pedas, bisa membuat anak tidak memilih-milih makanan.

Lucy Cooke, seorang psikolog mengatakan bahwa bayi yang disusui dengan berbagai jenis rasa makanan akan lebih mudah diberi makan nantinya.

Jadi tak perlu khawatir rasa pedas akan mempengaruhi ASI, karena rasa manis gula alami dalam susu tetap mendominasi.

Apakah bayi tidak menyukai rasa pedas?

Para orangtua pasti pernah bertanya apakah bayi akan menyukai rasa pedas atau tidak. Ya, hal itu mungkin saja terjadi.

Ketika bayi sensitif pada makanan pedas, biasanya bayi akan menunjukkan berbagai reaksi seperti bayi akan rewel setelah makan.

Bisa juga bayi jadi sering menangis sepanjang waktu dan gerak geriknya seakan tidak nyaman.

Selain itu, pengaruh makan pedas saat menyusui juga bisa membuat bayi memunculkan reaksi pada kulitnya. Nah, jika hal-hal itu terlihat, sebaiknya sang ibu mengurangi konsumsi pedas ya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -