Rumah Makin Segar, Coba 5 Ramuan Pengharum Alami ini!

Tandaseru – Memiliki ruangan yang rapi dan harum tentu dambaan setiap orang. Ada cara sederhana dengan membuat pengharum alami untuk rumah agar semakin betah!

Mungkin Anda salah satu orang yang merasa tidak betah ada di ruangan dengan aroma tidak sedap. Rumah yang rapi dengan aroma segar membuat Anda senang berlama-lama dalam rumah.

Bau tidak sedap itu bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya ruangan yang lembab, bau sampah rumah tangga atau sirkulasi udara yang buruk.

Agar aroma tidak menyenangkan itu menghilang, ada ramuan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah agar menghilangkan bau dan kembali menyegarkan rumah.

Lemon dan Rosemary jadi pengharum alami untuk rumah!

Jika Anda tidak cukup hanya dengan pengharum kimia, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya pun cukup mudah, siapkan mangkuk kecil kaca yang diisi dengan air.

Kemudian masukkan dua iris lemon segar, ekstrak vanila serta sejumput rosemary. Lalu cukup Anda letakkan di tengah ruangan.

Minyak esensial

Cara lain untuk membuat pengharum alami adalah dengan menyiapkan mangkuk gelas, berisi baking soda dan beberapa tetes minyak esensial yang jadi favorit Anda.

Kemudian campurkan semuanya, dan letakkan pada sudut ruangan. Aromanya yang lembut mampu membuat orang yang menyiumnya merasa lebih tenang.

Daun pandan

Jika ingin yang lebih sederhana lagi, Anda bisa membuat pengharum dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Salah satunya daun pandan. Cukup Anda ambil beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan pada wadah kecil, kemudian beri keharuman bunga dengan menambahkan bunga melati.

Pengharum aroma jeruk

Jika memiliki kulit jeruk, jangan langsung dibuang. Anda bisa memanfaatkannya jadi pengharum ruangan yang sangat menyegarkan. Caranya mudah, rebus kulit jeruk bersama beberapa batang kayu manis.

Lalu, matikan kompor dan tunggu hingga suhunya hangat. Maka, aroma yang segar akan menyebar ke seluruh rumah. Cara ini bisa untuk kulit buah lainnya, seperti apel atau lemon.

Pewangi karpet

Pengharum alami untuk rumah yang terakhir ini dikhususkan untuk karpet yang kerap jadi tempat berkumpulnya debu dan bau tidak sedap.

Jadi Anda bisa membuat campuran borax, baking soda dan minyak esensial atau rempah-rempah lainnya. Kemudian semprotkan campuran tersebut pada karpet. Tunggu selama 15-20 menit, kemudian vakum karpet hingga bersih.

Pasti aroma-aroma tak sedap menghilang seketika. Nah, mudah bukan membuat pengharum alami untuk rumah seperti di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait