Unik, Penjahat Ini Selalu Sopan dan Mengucapkan Salam Saat Beraksi

SURABAYA (!) – Memang ada-ada saja pelaku kejahatan saat melakukan aksinya. Seperti yang dilakukan Mutolip (38) warga Semampir, Surabaya.

Bagaimana tidak, Mutolip saat akan melakukan tindak kejahatan terbilang unik. Pasalnya, pelaku selalu menggunakan cara atau modus dengan mengucapkan kata salam layaknya seorang muslim ketika bertamu.

Tidak hanya itu, dia juga harus berjalan kaki dari rumahnya ke rumah korban. Nah, saat memulai aksinya, Mutolip selalu berlaku sopan terhadap korban.

Kapolsek Wonokromo Kompol I Gede Suartika mengatakan modus yang dilakukan tersangka tergolong unik dan baru. “Tersangka ini selalu mengucapkan salam sebelum mencuri,” kata Kapolsek, Rabu (11/10).

Kata salam diucapkan dengan tujuan untuk mengecek kondisi rumah korbannya dalam keadaan kosong atau ada penghuni.

“Kalau tidak ada yang menjawab salam, berarti rumah tersebut dalam kondisi kosong. Saat itulah tersangka masuk ke dalam rumah dan mengambil barang berharga yang ada di dalam rumah,” ujar I Gede Suartika

Baca Juga:

Di depan petugas, Mutolip mengaku setiap melakukan pencurian pasti menggunakan modus ucapkan salam tersebut. “Saya sudah tiga kali mencuri dengan ucapkan assalamualaikum. Jika ada jawaban dari tuan rumah, saya pura -pura tanya apakah ada kamar yang dikoskan,” aku Mutolip.

Namun sepintar-pintarnya pelaku, akhirnya terkena batunya juga. Saat ucapan salam tidak dijawab pemilik rumah, Mutolip langsung ambil HP. Namun tiba-tiba pemilik rumah keluar dan membekuk Mutolip.

Akhirnya pelaku diserahkan ke Polsek Wonokromo guna menjalani pemeriksaan. Dia terbukti bersalah dan dikenakan pasal 362 atas tindakan pencurian dan dijerat hukuman paling lama lima tahun penjara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -