Penting, 7 Sumber Makanan Untuk Membantu Mengatasi Gangguan Menstruasi

Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Siklus rutin yang dialami wanita ini biasanya terjadi antara 21-35 hari. Namun, tidak semua wanita mengalami siklus haid atau menstruasi dengan lancar.

Banyak juga wanita yang mengalami gangguan pada saat haid, seperti nyeri, siklus yang tidak lancar, sindrom pramenstruasi (PMS) atau gangguan lainnya. Penyebab gangguan bisa bermacam-macam, kebanyakan karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh wanita.

Untuk mengatasinya berikut ada beberapa sumber makanan yang bisa membantu mengatasi gangguan haid.

1. Coklat

Coklat bisa melancarkan siklus haid karena mengandung flavonoid yang bisa melancarkan peredaran peredaran darah. Selain itu juga, coklat bisa mengubah mood kena mengandung serotonin yang memiliki zat anti depresan, cocok bagi yang sedang PMS. Namun sebaiknya pilih coklat dengan kandungan tinggi seperti dark chocolate.

2. Ikan Salmon

Ikan satu ini memiliki kandungan omega 3 yang baik dikonsumsi pada saat PMS. Kandungan nutrisi di dalam ikan salmon bisa membantu meringankan nyeri dan kram ketika menstruasi.

3. Pisang

Buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, ternyata baik dikonsumsi wanita yang sedang menstruasi. Gunanya adalah untuk mencegah kram dan perut kembung.

4. Jahe

Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe berfungsi untuk mengatasi nyeri haid. Kandungan di dalam Jahe sama seperti ibu profen dan asam menefanat. Tentu karena bahan alami akan lebih sehat dan baik untuk tubuh.

5. Pepaya

Buah ini dikenal karena mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya itu, buah pepaya berkhasiat untuk melancarkan aliran darah ke Rahim sehingga akan melancarkan haid.

6. Kurma

Seperti diketahui, buah ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatanbaik makro mineral maupun mikro mineral, aumber antioksidan, dan juga baik untuk pencernaan. Buah kurma baik juga untuk melancarkan haid dan menghindarkan dari gangguan menstruasi seperti perubahan sikklus yang menjadi panjang lebih dari 35 hari.

7. Air Putih

Ketika mengalami menstruasi perbanyaklah minum air putih. Terbukti baik untuk kesehatan, air putih bisa melancarkan keluarnya darah menstruasi, mencegah kram, dan juga bisa mencegah keluarnya jerawat ketika PMS.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -