AWAS! Penyakit Berbahaya Ini Akan Menyerang Kamu yang Sering MAGER!

Kalian pasti punya kesibukan setiap harinya. Terkadang kesibukan ini membatasi aktivitas kalian, dan membuat kalian berdiam di satu tempat tanpa kegiatan atau perpindahan yang banyak. Misalnya, kalian terlalu sibuk menonton atau mengerjakan tugas sehingga kalian akan duduk selama berjam-jam di depan gadget.

Akibatnya, kalian jadi mager alias males gerak. Kegiatan-kegiatan sederhana yang mengharuskan kalian bergerak jadi terasa sulit dilakukan. Banyak banget lho anak zaman sekarang yang mengaku dirinya mager! Ternyata hal ini bahaya banget. Ada berbagai penyakit yang akan muncul jika kalian mager atau males gerak.

Ngeri banget! Yuk simak apa aja penyakitnya di bawah ini!

1. Obesitas

Mager 1

Ketika kalian males gerak, maka aktivitas kalian akan sangat terbatas. Hal ini bisa menyebabkan jumlah kalori yang masuk dan kalori yang keluar menjadi tidak seimbang. Jika dilihat akibat jangka panjang, kamu akan rentan terserang obesitas. Coba bayangkan ketika kamu hanya duduk mengerjakan tugas atau streaming film sambil ngemil, semua makanan akan masuk ke tubuhmu.

Parahnya lagi, jika kamu mengalami kenaikan berat badan hingga nantinya obesitas, kamu bisa terserangbberbagai penyakit lain. Jantung, diabetes, dan stroke adalah penyakit yang seringkali menyerang penderita obesitas.

2. Metabolisme Lambat

Mager 2

Kalau kamu nggak bergerak, kecepatan metabolisme tubuh akan semakin berkurang. Apa akibatnya? Ternyata kalo hal ini terjadi, kamu bisa sakit lho!

Makanya, pastikan kamu tetap melakukan gerakan cukup setiap harinya, dan sebisa mungkin hindari tingkat kemageran kamu! Masih muda kok udah mager. 

3. Gangguan Tidur

Mager 3

Penyakit berikutnya adalah gangguan tidur. Bergerak secara aktif bisa bikin kamu tidur nyenyak di malam hari, karena banyak hormon yang terlepas. Nah, kalau kamu aja malas gerak, bagaimana kamu mau tidur nyenyak di malam hari? Jangan sampai kamu akhirnya terjaga sepanjang malam karena kamu kesulitan untuk tidur.

4. Tulang Lemah

Mager 4

Kebiasaan mager kamu bisa berdampak buruk bagi tulang. Lama kelamaan, tulang yang jarang kamu pakai bergerak itu akan melemah . Malas bergerak juga jarang berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Kalau sampai hal ini terjadi, kamu bisa menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang lebih cepat.

5. Stress

Mager 5

Ternyata ketika kamu tidak aktif beraktivitas, kamu akan lebih mudah stress! Makanya, perbanyak kegiatanmu seperti berolahraga. Dengan olahraga rutin, kamu bisa melepaskan endorfin, yang nantinya bisa membuatmu merasa lebih bahagia dan senang menjalani hari-hari.

Selama masih muda, bergeraklah dan beraktivitaslah dengan aktif. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan olahraga serta istirahat cukup. Hindari kebiasaan-kebiasaan malas bergerak yang hanya akan merugikan dirimu. Kalau dari muda aja sudah mager, gimana nanti kamu di hari tua?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -