Penyakit Ini Membuat Penderitanya Kehilangan Rasa Takut

AMERIKA SERIKAT (!) – Rasa takut merupakan hal yang melekat pada manusia. Tapi ada manusia yang hidup tanpa rasa itu karena memiliki kelainan pada anatomi tubuhnya.

Seorang Ibu dari tiga orang anak berinisial SM mengalami hal ini. Dia berasal dari Amerika Serikat. Penyakit ini diketahui hanya dialami oleh 400-an orang di seluruh dunia.

Penyakit yang membuat rasa takut menjadi hilang adalah Urbach Wiethe. Menurut penelitian, hal ini disebabkan oleh gangguan atau rusaknya Amygdala.

Sebuah bagian otak yang memiliki struktur mirip buah almond ini berfungsi sebagai pengaturan rasa takut pada manusia normal.

Sejumlah kejadian menakutkan dan ancaman pembunuhan yang pernah dialami tidak membuatnya trauma. Dia tak panik ketika diancam pisau, bahkan tidak menghubungi polisi ketika diserang.

rasa takut

SM mengatakan, waktu berusia 30 tahun ada pria mabuk menodongkan pisau padanya. Dia hanya berkata jika pria itu mau membunuhnya, lewati dulu malaikat-malaikat Tuhan yang menjaganya. Kemudian pria itu malah ketakutan.

Sementara binatang seperti ular dan kalajengking tak pernah digubrisnya. Ketika disodorkan ular berbisa, SM tidak takut dan bahkan ingin menyentuh ular itu sehingga dia harus dijauhkan dari ular tersebut.

Anak-anak SM mengakui, ibunya memang aneh karena biasa menangkapi ular di pekarangan.

Kondisi ini menarik perhatian peneliti, SM pun sudah menjadi objek penelitian para ahli saraf selama 15 tahun untuk mengembangkan terapi bagi penderita stres pasca-trauma.

Dr. Justin Feinstein, peneliti dari University of Iowa mengatakan kondisi SM telah diamati dalam 20 tahun terakhir. Hasil pengamatan menunjukkan perempuan ini bahkan tidak bisa mengenali ekspresi takut pada wajah orang lain.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -