Nggak Disangka, ini Loh Penyebab Kulit Wajah Jadi Kering!

Tandaseru – Semua orang terutama para wanita, pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat. Masalah kulit kering kerap membuat seseorang merasa tidak pede. Tahukah kamu apa penyebab kulit wajah kering itu? Baca terus ya!

Untuk mengetahui beberapa penyebab kulit kering tersebut, berikut ini daftar penyebab kulit bisa mengering yang dirangkum oleh Tandaseru.id.

Ternyata perubahan cuaca bisa jadi penyebab kulit wajah kering ya!

Kulit wajah kering ternyata bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Semakin rendah kelembapan udara, maka semakin besar risiko terjadinya kulit kering.

Oleh sebab itu, jika kamu sering berada di ruangan ber-AC, maka jangan sampai lupa untuk menggunakan pelembap wajah.

Menggosok kulit

Tidak hanya itu saja, penyebab kulit wajah mengering lainnya adalah terlalu sering menggunakan scrub wajah atau menggosok kulit saat cuci muka.

Sebaiknya mulai saat ini kamu harus berhati-hati saat melakukan atau menggunakan alat gosok seperti spons. Sebab risiko untuk bikin kulit wajah mengering pun semakin besar. Karena gesekan yang terjadi antara alat gosok dengan kulit dapat berpotensi meningkatkan kekeringan di kulit.

Mandi uap

Ternyata mandi uap yang membuat kita merasa nyaman, tidak selalu berdampak baik saat dilakukan secara berlebihan.

Memang mandi uap panas bisa memberikan kenikmatan lebih bagi seseorang saat mandi. Tetapi hal tersebut ternyata bisa juga menyebabkan kulit kering akibat temperatur yang terlalu panas yang membuat minyak alami kulit cepat mengering.

Iritasi

Iritasi yang diderita kulit wajah bisa juga berasal dari pakaianmu loh. Meskipun terlihat sepele, ternyata benda yang menurutmu tidak akan berpengaruh pada kesehatan kulit seperti pelembut kain, deterjen atau parfum yang kamu gunakan bisa juga mengiritasi kulit.

Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan uji coba ketahanan pada kulit terlebih dahulu sebelum
menggunakan sebuah produk.

Langsung memakai handuk setelah mandi

Mandi juga dapat membantu melembapkan kulit, tapi jika seseorang langsung menggosok badan dengan handuk sampai kering sesudah mandi, maka akan mengakibatkan kelembapan tersebut hilang.

Hal ini juga berlaku bagi kulit wajah loh. Saat sedang memakai handuk dan menggosoknya dengan cukup kencang, maka manfaat dari sabun muka akan hilang dan risiko kulit mengering pun semakin parah.

Bertambahnya usia

Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin kering dan tipis kulit wajah seseorang. Perubahan
seperti itu wajar, mengingat berkurangnya hormon yang diproduksi tubuh. Termasuk hormon-hormon yang terkait dengan kesehatan kulit.

 

Nah, jika kamu sudah tahu tentang apa saja yang jadi penyebab kulit wajah kering, mulai sekarang sebisa mungkin untuk menghindarinya ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -