Ini Penyebab Mata Kering, Mana Yang Sering Dirasakan?

Tandaseru – Mata termasuk bagian panca indera yang utama bagi manusia. Bekerja di ruangan ber-AC jika tak disadari bisa membuat mata terasa kering dan perih. Ini dia pemicu penyebab mata kering, jangan anggap remeh loh!

Selain mata merah, mata kering adalah salah satu gangguan mata yang sering terjadi. Hal ini terjadi karena tidak stabilnya kelenjar air mata untuk memproduksi air mata. Air mata berfungsi penting untuk menjaga kelembapan mata.

Gangguan pada mata bisa terjadi karena iritasi, radang, infeksi, atau kondisi internal yang disebabkan oleh kebiasaan seseorang. Berikut ini penyebab mata kering!

Penyebab mata kering utamanya berasal dari udara kotor

Mata kering mudah terjadi untuk Anda yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangan. Polusi udara yang kotor membuat mata sulit terlindung dengan baik.

Akibat tercemarnya udara membuat mata cepat gatal dan akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Karena itu untuk mencegah risiko gangguan penglihatan, Anda bisa keluar rumah dengan menggunakan kacamata yang bisa melindungi mata Anda. 

Terlalu lama berada di depan komputer

Berada di depan komputer terlalu lama bisa memberikan ketidaknyaman bagi mata. Sinar dari layar komputer akan berdampak perih pada mata karena gatal dan kering yang terjadi.

Di samping itu, mata juga menjadi buram saat melihat jarak jauh. Karena itu, sering-seringlah mengistirahatkan mata Anda, supaya tidak berdampak buruk.

Terlalu lama memakai kontak lensa

Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan kontak lensa, Anda harus memperhatikan lamanya daya tahan kontak lens yang digunakan. Adanya benda asing yang ditaruh di mata membuat kesehatan mata jadi berkurang. Karenanya, disarankan tiap empat jam sekali Anda harus melepasnya.

Selain itu, Anda juga bisa membasahi mata dengan cairan khusus supaya mata lembab. Pastikan untuk tidak terlalu sering mengucek mata, karena bisa membuat mata jadi iritasi.

Asap rokok

Asap rokok juga penyebab mata kering loh! Merokok akan menimbulkan berbagai risiko penyakit. Tidak hanya penyakit pernapasan tapi juga penyakit mata karena asap yang mengganggu.

Buktikan, jika Anda berada di lingkungan asap rokok terlalu lama membuat mata Anda terasa perih, kering dan gatal. Oleh karena itu, jangan sering berkutat di lingkungan orang yang merokok supaya tidak mengganggu kesehatan mata Anda.

Setiap hari berada di ruang ber-AC

Jika Anda selalu bekerja di ruangan yang ber-AC setiap hari bukan tidak mungkin terjadi risiko gangguan kesehatan. Salah satu yang jarang disadari yaitu mata kering yang bisa mengakibatkan infeksi.

Untuk mencegahnya, jangan hadapkan muka anda secara langsung ke arah pendingin ruangan itu, jangan lupa sering lembabkan mata dengan cairan yang aman untuk mata. Angin dari AC bisa memicu mata kering.

Nah, itu dia pemicu penyebab mata kering! Jangan anggap remeh ya…

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -