Persiapan Dubai Expo 2020, Jokowi: Harus Manfaatkan Peluang

Tandaseru – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kepesertaan Indonesia dalam Dubai Expo 2020, yang merupakan even ketiga terbesar setelah Piala Dunia dan Olimpiade yang akan diikuti 190 negara.

“Kita harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya, baik dalam rangka urusan perdagangan, urusan pariwisata, dan investasi di internasional khususnya pasar di Timur Tengah,” kata Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas tentang Persiapan Dubai Expo 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/8).

Namun Jokowi mengingatkan agar dalam penyelenggaraan pameran/expo di luar negeri harus berubah dan meminta persiapan harus matang, harus detail. Selain itu, desain, venue, lokasi, paviliun betul-betul harus menampilkan wajah Indonesia sebagai sebuah negara besar.

“Yang ini sering saya sampaikan, jangan sampai kita salah pilih lokasi. Lokasi di tempat di belakang malah dekat toilet misalnya, kalau seperti itu enggak usah ikut saja. Malah kita ingin membangun sebuah trust, membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah image tetapi yang kita dapat malah enggak dapet apa-apa,” tutur Kepala Negara.

Jokowi meminta agar semua pameran expo di luar negeri untuk marketing, perdagangan, investasi, dan pariwisata ini betul-betul terintegrasi, terkonsolidasi antara pemerintah dan swasta bisa beriringan.

Dia menyatakan di 18 kementerian saat ini memiliki anggaran pameran, belum termasuk BUMN belum. Namun anggaran itu tersebar, kalau dikumpulkan besar, tapi kelihatan kecil-kecil karena di-18 kementerian.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id