4 Tips Persiapan Rumah Sambut Lebaran Agar Makin Nyaman!

Tandaseru – Selain makanan, kondisi rumah perlu diperhatikan dalam menyambut Hari Raya. Seperti apa ya persiapan rumah sambut lebaran yang baik?

Mungkin yang ada di pikiran Anda mempersiapkan rumah untuk menyambut lebaran itu harus tentang mendekorasi ruangan, mengganti warna cat rumah agar nampak baru, membeli furniture atau tirai jendela baru dan sebagainya.

Padahal, mempersiapkan rumah sambut lebaran itu bisa dengan cara yang sederhana, namun tetap tidak hilang rasa penyambutan terhadap Hari Raya Idul Fitri tersebut.

Persiapan rumah sambut lebaran pertama adalah menyortir barang-barang!

Untuk menyambut hari yang Fitri, maka rumah pun harus dalam keadaan rapi, bersih dan nyaman. Maka, persiapan yang perlu dilakukan adalah menyortir semua barang di rumah.

Cek kembali mana barang yang masih bisa dipakai dan mana yang perlu dibuang atau didaur ulang. Karena dengan banyaknya barang di rumah membuat suasana jadi sumpek alias penuh.

Jika ada barang yang tak terpakai, Anda bisa memberikannya pada orang lain, atau didaur ulang menjadi kegunaan lainnya daripada langsung membuangnya, atau menyimpannya digudang.

Tips Membersihkan MarmerAtur ulang dapur

Tidak hanya ruang tamu atau ruang tengah, dapur juga jadi ruangan yang akan paling sering dikunjungi dan tentu sumber menumpuknya barang.

Agar nampak bersih dan nyaman, sebaiknya atur ulanglah dapur Anda. Tempatkan lagi peralatan dapur sesuai dengan prioritas, yaitu dari yang paling sering digunakan hingga yang kurang sering digunakan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari alat-alat tersebut saat di dapur. Jang lupa memberi label pada semua toples atau wadah agar nampak rapi dan terlihat cantik.

Memberi label juga Anda lakukan pada kulkas, agar lebih tertata. Kemudian, keluarkan makanan yang sudah tak bisa di makan atau kedaluwarsa, karena bisa menyebabkan bau tidak sedap dalam kulkas.

Cek semua benda elektronik

Jika rumah Anda adalah tempat berkumpulnya semua keluarga, maka Anda sangat wajib memeriksa seluruh alat elektronik mulai dari televisi, kipas angin, AC, hingga seluruh lampu di tiap ruangan.

Pastikan semua alat elektronik tersebut berfungsi dan dalam kondisi yang baik. Saat ada yang rusak dan membutuhkan perbaikan jangan ditunda.

Jangan sampai saat sedang merayakan lebaran bersama keluarga dan tamu di rumah, Anda harus repot mengganti lampu atau memperbaiki kipas angin yang rusak.

Pastikan seluruh rumah bersih

Persiapan rumah sambut lebaran yang terakhir adalah melakukan pengecekan menyeluruh, tidak hanya lantai atau jendela, tetapi juga sarung bantal, gorden, meja besar hingga kecil dan beragam dekorasi harus dalam kondisi bersih.

Untuk persiapan yang terakhir ini bisa dilakukan saat H-2 atau H-1 lebaran, ketika seluruh anggota keluarga inti memang sudah tidak beraktivitas lagi di luar rumah. Dengan saling membantu, membuat pekerjaan beres-beres rumah jadi lebih cepat selesai dan lebih bersih.

Nah, untuk persiapan rumah sambut lebaran yang sebelumnya, bisa dilakukan jauh hari, H-7 jadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan rumah dengan baik. Selamat Berlebaran!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait