Renung Ramadhan: ini Pesan Kucing Saat Dekati Manusia Ketika Makan!

Tandaseru – Pasti hampir semua orang khususnya di Indonesia, pernah mengalami didekati kucing ketika sedang menyantap makanan, entah itu di rumah atau di warung makan. Ternyata kedatangan hewan tersebut bukan tanpa maksud, ini loh pesan kucing yang dekati manusia tersebut!

Memang tak banyak yang menyadari jika kucing itu membawa pesan tersendiri ketika mendekati manusia saat sedang makan, bahkan sampai ada yang justru mengusirnya.

Seperti yang umat Muslim ketahui, kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW, jadi sebaiknya tidak diperlakukan kasar, termasuk hewan-hewan lainnya, seperti dilansir dari Tribun Jambi.

Pesan kucing yang dekati manusia ketika makan pertama!

Ternyata kedatangan kucing adalah pertanda Allah SWT sedang mengingatkan makhluk-Nya soal hakikat memberi. Seperti yang telah diketahui, semua rezeki yang diperoleh di dunia bukan sepenuhnya hak pribadi, tapi terdapat hak orang lain.

Untuk itu, umat Muslim mengeluarkan zakat fitrah serta zakat harta sebagai rukun Islam yang harus dijalankan. Bisa dibilang, sang kucing memberi peringatan pada manusia untuk selalu ingat berbagi.

Jika kucing datang saat sedang makan, hal tersebut tentu mengingatkan bahwa karunia Allah yang diterima harus dibagi dengan makhluk lain salah satunya pada kucing.

Jadi saat ada kucing datang, jangan lantas diusir, berbagilah sedikit rezeki santapan tersebut pada hewan lucu tersebut.

Pesan yang kedua

Ketika manusia memberi makanannya pada makhluk Allah SWT lainnya termasuk pada kucing, hal tersebut merupakan kebaikan. Sesuai firman-Nya, Allah SWT akan melipatgandakan sebuah kebaikan dengan 10 kali lipat kebaikan lainnya.

Apalagi jika kebaikan tersebut dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Jika selama ini ketika berbuat baik pada manusia, kerap mengharapkan balasan serupa, sepertinya harus lebih banyak belajar berbuat baik pada kucing.

Pasalnya, hewan tersebut tak dapat membalas apa yang telah diberikan padanya. Jadi saat manusia membagi makanannya, otomatis dia akan belajar bagaimana memberi dengan penuh keikhlasan. Hal tersebutlah yang ingin diingatkan agar memberi sesuatu pada orang lain tanpa pamrih!

Pesan yang ketiga

Pesan yang selanjutnya adalah bahwa Allah SWT sedang memberitahu orang tersebut, jika dia tidak memberi makanan pada kucing  itu atau malah mengusirnya, sebenarnya dia tengah menolak datangnya rezeki lain dari Allah SWT.

Karena sesungguhnya, rezeki itu luas dan tak sebatas uang saja, tapi meliputi segala hal dalam kehidupan.

Semoga setelah ini, tak ada lagi yang mengusir kucing ketika sedang makan, justru membagi makanannya agar ketiga pesan kucing yang dekati manusia tersebut diterima dengan baik dan bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -