Pikachu dan Hello Kitty ‘Dilantik’ Jadi Duta Budaya Jepang

OSAKA (!) – Tokoh kartun Jepang yang lucu dan imut, Pikachu, didaulat menjadi duta budaya kota Osaka, oleh Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

Salah satu tokoh film kartun Pokemon ini mengemban tugas berat agar Jepang terpilih menjadi tuan rumah dalam ajang World Expo 2025, yakni pertemuan yang membahas mengenai isu-isu dunia internasional.

Mengutip The Verge, Senin (25/12), pesertanya akan diikuti semua negara dari seluruh dunia. Perhelatan akbar yang diselenggarakan setiap lima tahun ini pada 2020 memilih Dubai, Uni Emirat Arab, sebagai tuan rumah World Expo.

Selain Osaka, Jepang, sejumlah negara juga ikut ‘bertarung’ antara lain Ekaterinburg, Rusia, Greater Paris, Prancis, dan Baku, Azerbaijan.

Tak hanya Pikachu, Hello Kitty juga menjadi duta budaya Osaka. Kono sendiri telah bertemu dengan Pikachu dan Hello Kity tersebut untuk memberikan gelar terbarunya.

Pada 2014, Pikachu dijual sebagai sebuah kartu ‘Pikachu Illustrator’. Tak tanggung-tanggung, harga jualnya hingga Rp744 juta.

Sedangkan, video game Pokémon Pikachu terjual lebih dari 260 juta di seluruh dunia. Sementara, Hello Kitty juga pernah dijuluki sebagai “UNICEF Special Friend of Children” pada 10 tahun sebelumnya.

Pada 2008, Hello Kitty juga menjadi Duta Besar Jepang untuk Pariwisata di China dan Hong Kong.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait