Ada 4 Planet Mirip Bumi, Manusia Beneran Akan Pindah Nih?

Tandaseru – Tanpa disadari, ternyata sudah ada banyak planet pengganti Bumi yang beredar di alam semesta. Bahkan katanya, manusia bisa pindah ke salah satunya loh!

Semesta memang menyimpan beragam rahasia yang tak pernah bisa diketahui secara utuh. Ilmuwan di Bumi sudah melakukan penelitian bertahun-tahun tentang apa saja yang ada di semesta ini saja masih belum cukup mempelajari semuanya.

Dalam kurun waktu berbeda, sejumlah Ilmuwan berhasil mengidentifikasi beberapa planet yang memiliki kemiripan dengan Bumi, apakah manusia bisa langsung pindah?

Luyten b salah satu calon planet pengganti Bumi?

Planet ini merupakan planet paling baru yang ditemukan yaitu bernama Luyten b. Para ilmuwan, Luyten b pun sudah dikonfirmasi sebagai exoplanet atau planet yang ada di luar tata surya.

Planet yang serupa dengan Bumi itu ditemukan pada 17 Maret 2017 lalu dan memiliki besar 3 kali dari Bumi dengan jarak 12,4 tahun cahaya.

Ilmuwan meyakini planet tersebut bisa dihuni manusia atas dasar potensi planet yang dipercaya telah memiliki penghuni alias alien. Beberapa pesan komunikasi pun sudah dikirimkan ke planet tersebut, agar makhluk asing penghuni Luyten b dapat meresponnya.

Kepler-62e

Ditemukan pada 18 April 2013 silam, lama sebelum Luyten b ditemukan, ternyata sudah sempat ada planet dengan kriteria yang cukup baik untuk dihuni manusia selain Bumi.

Sebuah planet memang perlu lulus sejumlah persyaratan, mulai dari suhu, udara, atmosfer, cahaya, air dan lainnya supaya dianggap bisa ditempati manusia.

Kepler-62e merupakan planet pengganti Bumi yang memenuhi persyaratan itu jika diukur dari Bumi, jarak planet Kepler-62e berjarak 1.200 tahun cahaya.

Dari hasil pengamatan, planet tersebut juga mengandung air, awan serta iklim yang ramah pada manusia dan waktu orbitnya sekitar 122 hari.

Planet tersebut berukuran 1,6 kali lebih besar dari Bumi. Jaraknya yang cukup jauh membuat usaha meneliti planet tersebut lebih jauh jadi sedikit terganggu.

Gliese 581 g

Kandidat planet pengganti Bumi lainnya ini memiliki julukan planet merah Gliese 581 g. Bahkan digadang-gadang sebagai salah satu planet terbaik untuk dijadikan tempat tinggal baru bagi manusia.

R. Paul Butler dan Steven S. Vogt merupakan orang yang berjasa menemukan planet tersebut pada 29 September 2010 lalu.

Memiliki jarak dengan Bumi sekitar 20,42 tahun cahaya yang masuk dalam area masih mungkin untuk ditinggali. Kerennya, di sana ada kemungkinan besar terdapat air.

Namun ketiadaan atmosfer yang cocok, membuat planet tersebut punya hitungan 1 tahunnya sekitar 66,87 hari. Karena atmosfer yang tidak ada membuat suhu di planet tersebut bisa mencapai angka -180 derajat Celcius.

Kepler-22b

Bisa dibilang inilah planet pengganti Bumi yang paling mendekati sempurna dari planet-planet lainnya. Karena punya tingkat kemiripan dengan Bumi lebih tinggi, bahkan sampai dijuluki Future Home atau rumah masa depan.

Ditemukan pada 5 Desember 2011 lalu, sampai saat ini, ilmuwan masih terus melakukan penelitian lebih lanjut pada planet tersebut untuk mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan lain untuk menempati planet tersebut.

Punya radius 2,4 kali dari Bumi dan memiliki pasokan air yang cukup, membuat peneliti yakin akan potensi planet Kepler-22b untuk dihuni manusia.

Temperatur yang paling dingin di planet tersebut mencapai -110 derajat Celcius, dan yang paling tinggi 220 derajat Celcius.

Karena menjadi planet yang paling baik, maka planet tersebut akan dijadikan tujuan utama manusia pindah jika hal buruk terjadi pada Bumi.

Nah, kalau menurut Anda tentang planet pengganti Bumi di atas? Apakah saat terjadi hal buruk pada Bumi Anda siap pindah?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait