Personel Gabungan TNI-Polri Lakukan Pengamanan di 21.047 TPS di Banten

Tandaseru – Polda Banten menerjunkan 48.957 personel gabungan untuk melakukan pengamanan saat Pemilu 2019 dan dikerahkan ke berbagai pelosok termasuk di 21.047 TPS di 8 kabupaten dan kota di Banten.

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir menjelaskan, personel gabungan itu terdiri dari personel TNI dan Linmas. Sedangkan jajaran Polda akan menurunkan 4.600 personel termasuk dari jajaran Polres.

“Potensi kerawanan pada saat pemungutan dan penghitungan suara adalah jarak tempuh dari satu TPS ke TPS lain. Masih ada beberapa wilayah yang akses jalannya kurang baik serta ketidakpuasan massa pendukung atas hasil penghitungan suara harus segera diselesaikan,” kata Tomsi, Minggu (14/4).

Tomsi mengatakan, penghitungan suara di tingkat TPS jadi yang paling krusial. Sebab itu, ia meminta antisipasi bisa dilakukan sedini mungkin begitu ada gangguan.

Tim gabungan katanya harus bersiap mengamankan sampai akhir Pemilu. Pengiriman logistik mulai dari KPU, PPK sampi ke tingkat TPS yang mulai didistribusikan juga harus diamakan optimal.

Karena itu, dia meminta kepada personel untuk tetap menjaga komitmen pada disiplin dan netralitas. Para personel polisi diminta untuk menghindari politik praktis.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait