Polisi Belum Terima Surat Permohonan Rehabilitasi Nunung dan Suami

Tandaseru – Polisi mengaku belum menerima surat permohonan rehabilitasi terhadap tersangka kasus narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung bersama suaminya July Jan Sambiran.

“Kita belun terima surat permohonan rehab ya,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/7).

Argo mengatakan, pihaknya mempersilakan Nunung dan suami mengajukan rehabilitasi. Polisi, kata dia, nantinya akan mengkaji permohonan tersebut.

“Semuanya berproses, kan semuanya harus ada asesmen dan sebagainya,” ungkap Argo.

Saat ini, Nunung dan suami resmi ditahan polisi di Rumah Tahanan (Rutan) Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Pasangan suami isteri itu dimasukkan ke dalam penjara untuk 20 hari ke depan.

“Kita lakukan penahanan untuk 20 hari ke depan ya,” pungkas Argo.

Nunung dan suaminya ditangkap polisi di kediamannya kawasan Tebet Timur III, Jakarta Selatan pada Jumat, 19 Juli 2019 siang. Dari hasil penangkapan, polisi menemukan narkoba jenis sabu seberat 0,36 gram.

Nunung sempat membuang barang bukti sabu sebarat 2 gram ke toilet. Pasangan artis itu mengonsumsi sabu untuk stamina dalam bekerja.

Nunung dan suami dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Ancamannya, di atas lima tahun penjara.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P. Nugroho menilai komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung merupakan korban darurat narkotika. Nunung dinilai pantas mendapat rehabilitasi.

“Kami ingin mengingatkan kepada penyidik direktorat Polda Metro Jaya terkait dengan kewajiban rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika sebagaimana diatur dalam Pasal 54 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” kata Teguh di Jakarta, Minggu, 21 Juli 2019.

Teguh menuturkan dalam undang-undang itu pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Ini berlaku jika pengguna bukan seorang pengedar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait