Polisi Ringkus Dua Pelaku Pengganjal Lubang Mesin ATM

JAKARTA (!) – Kepolisian Sektor Metro Cilandak berhasil menangkap 2 orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Modus pelaku mengganjal lubang mesin ATM dengan tusuk gigi di Jalan RA Kartini, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Selaran Komisaris Besar Polisi Mardiaz Kusin kedua pelaku yang sudah berhasil ditangkap berinisial EF (28) dan AYP (37).

“EF warga Pringsewu Lampung berperan mengawasi dan stand by di dalam mobil, kemudian AYP juga dari Pringsewu, Lampung berperan mengganjal lubang ATM dan tukar kartu ATM,” kata Kombes Pol Mardiaz Kusin saat melakukan rilis di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (12/01).

Kejadian ini bermula saat korban bernama Herlina pada Kamis (11/01) sekitar pukul 12.00 WIB hendak mengambil uang di ATM di sebuah pom bensin. Kemudian saat memasukkan kartu ATM terganjal.

“Tersangka AYP pura-pura membantu, kemudian setelah dipersilahkan korban. Tersangka menukarkan kartu ATM korban dengan milik pelaku,” sambungnya.

Selanjutnya, Mardiaz menyatakan tersangka meminta korban untuk menekan nomor pin sebanyak 2 kali namun tetap tidak bisa. Saat menekan nomor pin, pelaku memperhatikan sehingga hapal nomor pin korban.

“Karena tidak berhasil, korban berusaha menghubungi pihak Bank untuk mengklarifikasi. Ketika melihat kartu ATM yang dia pegang bukan miliknya, korban masuk dan melihat tersangka berusaha mengambil uang miliknya di mesin ATM sebelahnya,” jelasnya.

Korban langsung meminta tolong karena tersangka sudah mencoba mengambil uang miliknya. Mendengar teriakan korban, Anggota polisi lalu lintas yang berada di pos dekat lokasi langsung mendekat dan menangkap pelaku.”Pelaku EF dan AYP langsung diamankan oleh polisi lalu lintas di sana,” pungkasnya.

Mardiaz menyatakan pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit Mobil Honda Brio warna merah dengan nomor polisi B 2717 BZD, 1 Hp Samsung, 15 kartu ATM berbagai macam dan 26 batang tusuk gigi.

Kumpulan Berita Terkait