Polisi Tidak Tilang Pengendara Motor Setelah Rambu Pelarangan Dicabut

JAKARTA (!) – Polisi tidak akan menilang pengendara roda dua yang melintasi wilayah Sudirman-Thamrin dengan mengacu putusan Mahkamah Agung  bila telah mencabut Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Kasubdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto menyatakan pihaknya tidak akan menilang pengendara motor rambu bila Pergub pelarangan telah dicabut.

“Rambu-rambu masih terpasang. Pergub nanti dicabut dulu, setelah itu rambu-rambu dicopot baru dilaksanakan maksimal,” kata AKBP Budiyanto saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/01).

Meskipun pihak kepolisian tidak akan menilang pengendara roda dua yang melintasi kawasan Sudirman-Thamrin, Budiyanto mengatakan pihaknya akan menindak bagi pengendara yang tidak menggunakan helm dan tidak membawa surat-surat lengkap.

“Kalau pelanggaran kasat mata lainnya, seperti tidak pakai helm ya kita tindak,” lanjuta Budiyanto.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung telah membatalkan Peraturan Gubernur tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor di kawasan Sudirman-Thamrin yang dikeluarkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama.

Putusan Mahkamah Agung ini tertuang dengan nomor  57 P/HUM/2017 yang ditetapkan dalam rapat permusyawaratan MA pada Selasa (21/11) dan salinannya di publish pada Senin (08/01).

Kumpulan Berita Terkait