Polri: Pilkada Susulan di Papua Tunggu Situasi Aman

Tandaseru – Polri belum bisa memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) susulan di Kabupaten Nguda dan Pinaia, Papua.

“Belum bisa dipastikan, kapan Pilkada susulan bisa dilaksanakan,” kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kamis (28/6/2018).

Menurutnya, saat ini kepolisian sedang mengkaji kondisi terlebih dahulu agar aman untuk Pilkada susulan. Namun Polri menargetkan Pilkada susulan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

Jika kondisi sudah aman, kata Setyo, kepolisian segera berkordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum untuk melaksanakan Pilkada susulan. “Kalau sudah aman, kami segara koordinasikan dengan penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Sebelumnya, di Kabupaten Nduga terjadi penembakan pada helikopter yang mengangkut logistik Pilkada. Akibatnya logistik terlambat datang, dan Pilkada harus ditunda.

Setyo menambahkan saat ini kepolisian masih melakukan pemburuan terhadap kelompok bersenjata yang menyebabkan Pilkada 2018 di Nduga dan Pinaia, Papua tertunda itu. Diduga mereka bersembunyi di wilayah pegunungan.

Kumpulan Berita Terkait