Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Polri Siapkan Pembentukan Polda Kalimantan Utara

JAKARTA (!) -Mabes Polri telah menyiapkan segala kebutuhan administrasi untuk pembentukan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara yang segera dibentuk, pada 2017.

“Pembentukan Polda Kaltara sangat penting karena daerah itu berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia dengan tingkat kriminalitas dan pelanggaran hukum sangat tinggi,” kata Wakil Kepala Kepolisian RI, Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin melalui siaran pers Humas Pemprov Kaltara.

Pelanggaran yang dominan terjadi di Provinsi Kaltara terutama “human trafficking” dan penyelundupan narkoba sehingga keberadaan Polda Kaltara patut dipercepat. Terkait penyelundupan dan peredaran narkoba, Syafruddin meminta jajarannya serius memberantasnya bersama-sama TNI dan seluruh elemen masyarakat.

Menurut Wakapolri, penyelundupan dan peredaran narkoba termasuk kejahatan luar biasasehingga penanganannya harus ekstra pula. Mabes Polri telah menyiapkan segala kebutuhan administrasinya. “Sisa tempatnya (kantor) saja. Itu menjadi kewenangan Pemprov Kaltara,” ucap Wakapolri.

Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie menyatakan, pihaknya telah menyiapkan kantor sementara yakni bekas gedung DPRD Bulungan di Kilometer 9 Bumi Rahayu, Tanjung Selor. Saat ini tengah disiapkan lahan seluas 22 hektar di Kawasan Kota Baru Mandiri Gunung Seriang Tanjung Selor.

Ia menegaskan, Pemprov Kaltara berkomitmen membantu menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan Polda Kaltara. “Terbentuknya Polda di Kaltara dipastikan dapat membantu pengamanan di wilayah perbatasan terhadap kerawanan tindak kejahatan,” kata Irianto Lambrie. (antara/arh)

Anda mungkin juga berminat