Poltracking: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti

JAKARTA (!) – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei Pilkada 2018 di Jawa Timur. Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul dengan 42,4 persen kemudian disusul pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputri dengan 35,8 persen.

“Sementara itu, untuk yang tidak menjawab sebanyak 21,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat rilis temuan survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

Wilayah yang berhasil diungguli Khofifah-Emil Dardak yaitu Arek 46,6 persen, Madura 47,2 persen, Mataraman 41,8 persen, dan Mataram Pesisir 47,9 persen. Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarnoputri hanya unggul di Tapal Kuda 54,4 persen.

Hanta mengarakan, melihat 21,8 persen responden yang belum menentukan pilihannya, masih ada kemungkinan lain untuk hasil tersebut berubah. Mengingat pilkada masih 3 bulan lebih.

“Masih ada 21,8 persen itu berpeluang. Masih tidak menentukan pilihan 21,8 persen. Ini angka relevan untuk membaca peta,” kata Hanta.

Survei dilakukan pada tanggal 6-11 Maret 2018. Ada 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling.

Survei ini menggunakan simulasi kertas surat suara, nama kandidat tidak dibacakan. Tingkat kesalahan (margin of error) dari survei tersebut lebih kurang 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -