Prabowo Bicara Defisit Air Hingga HI yang Diprediksi Terendam

Tandaseru – Calon Presiden RI nomor urut 02, Prabowo Subianto memprediksi bahwa sebentar lagi dunia akan mengalami defisit air bersih.

“Dunia akan hadapi defisit air bersih pada 2025. Itu gak lama lagi,” kata Prabowo dalam acara Indonesia Economic Forum bertajuk Connecting Indonesia a New Five Year Agenda, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11).

Dia mencontohkan, saat ini terjadi kekeringan hebat dampak dari perubahan iklim (climate change) di California. Dia meminta Indonesia bersiap menghadapi kemungkinan serupa. Bukan tidak mungkin, di Indonesia khususnya Jakarta akan mengalami bencana dampak dari climate change. Terutama wilayah Jakarta Utara.

Seperti diketahui, saat ini debit air di Jakarta Utara terus naik akibat daratan yang terus tergerus. Bahkan dia memperkirakan pada tahun 2025 air dari Jakarta Utara tersebut bisa naik hingga ke kawasan Bundaran HI di Jakarta Pusat.

“Laut di utara Jakarta rising (naik). Diperkirakan air Tanjung Priok pada 2025 akan sampai pada Kempinski, Grand Hyatt, Bundaran HI,” ujarnya.

Dia mengaku telah melihat langsung kondisi warga di wilayah Jakarta Utara, di mana warganya hidup di tengah genangan air. Padahal, lokasi tersebut bukan pedalaman dan sangat dekat dengan istana negara yang berada di Jakarta Pusat.

“Saya datangi mereka yang di Tanjung Priok mereka hidup di tengah air. Itu sejam dari istana Presiden. Nanti presiden harus jalan kaki (ke sana). Sebagai WNI saya sedih,” tutupnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait