Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Presiden Timor Leste di Istana Bogor

Tandaseru – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Francisco Guterres L’Olo di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (28/6/2018).

Presiden Jokowi menyambut Guterres di serambi depan dan bersama-sama mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara bersamaan dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali.

jokowi dan timor leste
(istimewa)

Sesudahnya, Jokowi mengajak masuk Presiden Timor Leste ke ruang istana untuk menandatangani buku tamu kepresidenan serta melakukan penanaman pohon perdamaian Barringtonia Asiatica di halaman belakang Istana Bogor.

Selanjutnya kedua kepala negara juga melaksanakan pertemuan empat mata atau “tete-a-tete”. Jokowi dan Guterres pun mendampingi para menteri dan pejabat dalam pertemuan bilateral membahas peningkatan kerja sama.

bilateral RI-Timor Lesta
(istimewa)

Lawatan Guterres itu merupakan kunjungan perdana sejak menjabat sebagai Presiden RDTL pada 27 Juni 2018 Jokowi juga pernah mengunjungi Timor Leste pada Januari 2016 bertemu dengan mantan presiden Taur Matan Ruak serta mantan perdana menteri Rui Maria de Araujo di Dili.

Dalam pertemuan di Istana Bogor, kedua kepala negara membahas berbagai isu, termasuk dukungan Timor Lesta bagi Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB, dukungan Indonesia bagi keanggotaan Timor Leste di ASEAN, seta kerja sama investasi dan perdagangan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -