Presiden Tiba di Palu, Tinjau Langsung Daerah Terdampak Gempa dan Tsunami

Tandaseru – Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Minggu siang, untuk meninjau langsung daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Presiden menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Surakarta, yang lepas landas pada pukul 10.07 WIB. Presiden tiba di Bandara Mutiara disambut oleh Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan pejabat setempat.

Penggunaan Boeing 737-400 TNI AU dalam kunjungan Presiden kali ini dikarenakan kondisi landasan pacu Bandara Mutiara Sis Al-Jufri yang mengalami beberapa kerusakan.

“Landasan pacu yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari 2.400 meter landasan pacu yang ada. Kemarin saya bersama rombongan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-400,” kata Panglima TNI.

Sebelum berangkat ke Palu, Presiden telah memerintahkan Menko Polhuman, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melaksanakan operasi tanggap darurat.

Menko Polhukam, Panglima TNI, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kepala BNPB, Wakapolri telah tiba di Palu, sejak Sabtu (29/9).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden menjelaskan bahwa Presiden memutuskan meninjau langsung ke Sulteng mengetahui kondisi pascabencana saat ini.

“Presiden akan memberikan arahan terkait prioritas yang harus dilakukan, serta keputusan yang diperlukan terkait dengan dampak bencana di lapangan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan pengiriman bantuan,” kata Pratikno.

Koordinasi penanganan dampak gempa dan tsunami mengalami kesulitan akibat terputusnya jalur komunikasi, sehingga membuat Jokowi perlu meninjau langsung ke daerah terdampak gempa dan tsunami.

Di Palu, Presiden dan rombongan akan meninjau beberapa lokasi yang terkena dampak gempa dan tsunami, yaitu Pantai Talise, Perumahan Balaroa, dan Rumah Sakit Wira Buana.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait