Puan Maharani Respons Survei yang Sebut Kepercayaan Rakyat ke DPR Rendah

Tandaseru – Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan kepercayaan rakyat terhadap DPR RI rendah. Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut survei itu sebagai tantangan DPR ke depan.

“Tantangan itu bukan saja bagi lima pimpinan DPR RI, tapi seluruh anggota DPR RI, fraksi-fraksi, komisi-komisi dan alat kelenagkapan lainnya agar bekerja lebih baik,” kata Puan di DPR, Senin (7/10).

Puan mengaku memang tidak mudah meningkatkan tingkat kepercayaan rakyat terhadap DPR. Terpenting, kata dia. DPR ke depan harus mempunyai mekanisme dan sistem yang baik agar kinerja seluruh anggota lebih baik.

“Mekanisme dan sistem DPR harus lebih baik agar bisa membuat seluruh anggota DPR dalam menjalankan tugas legislasi, anggaran dan pengawasan bisa lebih baik daripada DPR sebelumnya,” katanya singkat.

Sementara itu DPR RI dan DPD RI pada Senin membentuk alat kelengkapan dewan (AKD). Rapat paripurna DPR RI dipimpin Puan Maharani dan didampingi para wakilnya, dan juga DPD RI dipimpin oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan didampingi para wakilnya.

Sementara itu, terkait proses di DPR, Puan menargetkan proses pembahasan dan pembentukan alata kelengkapan Dewan (AKD) bisa selesai sebelum Jokowi- Ma’ruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024. Pelantikan keduanya bakal berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

“Ya, kalau bisa minggu ini, minggu ini. Secepatnyalah. Kalau belum bisa minggu depan masih ada waktu. Ya targetnya sebelum pelantikan presiden tanggal 20 Oktober,” ungkap Puan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait