Rail Clinic, Pelayanan Kesehatan Gratis di Gerbong Kereta Api

Tandaseru – PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya menyelenggarakan bakti sosial pengobatan gratis dengan menggunakan sarana kereta kesehatan yang telah dimodifikasi atau retrofit dari kereta diesel Rail Clinic.

Rail Clinic ini terdiri dari empat rangkaian gerbong kereta dan dibagi menjadi dua bagian yaitu dua gerbong untuk perpustakaan dan dua lagi digunakan sebagai tempat untuk pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat.

Kali ini Rail Clinic memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di sekitar Stasiun Tarik, Kecamatan Tarik,  Kabupaten Sidoarjo, Jatim.

“Rail Clinic yang sedang digunakan ini adalah Rail Clinic generasi 4 dengan dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya di fungsikan sebagai kereta penyuluhan dan kereta perpustakaan atau Rail Library,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto.

Di dalam Rail Library ini berisi bermacam-macam buku pengetahuan, dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang hadir pada saat itu. Rail Clinic pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu, sekaligus dianugerahi rekor MURI sebagai kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Rail Clinic dibuat sebagai bentuk pelayanan dan kepedulian kepada masyarakat yang tempat tinggalnya  jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan .

“Tujuannya untuk memberikan bantuan kesehatan gratis kepada masyarakat yang lokasinya sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan. Hingga tahun 2018 kami dari PT KAI sudah meluncurkan 4 generasi Rail Clinic,” ucap Suprapto.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini, diperuntukan bagi semua usia,baik anak-anak, usia muda, dewasa dan lanjut usia juga akan diberikan pelayanan secara cuma-cuma dengan melibatkan 30 orang tenaga medis yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 orang bidan, 3 tenaga apoteker, 2 orang tenaga laboratorium, dan 19 tenaga perawat.

 

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id