Ratusan Pengungsi Wamena di Jayapura Segera Kembali dengan Hercules

Tandaseru – Ratusan pengungsi Wamena yang berada di Jayapura mulai kembali ke tempat tinggal mereka, Rabu (9/10). Mereka diterbangkan menggunakan pesawat Hercules dari Base Ops Lanud Silas Papare menuju Wamena.

Menko Polhukam Wiranto mengatakan telah bertemu dengan 102 masyarakat yang hari ini akan kembali ke Wamena setelah mengungsi di Jayapura.

“Mereka kembali ke Wamena dan yakin kehidupan mereka di sana. Pemerintah dan aparat keamanan, tentunya terus berusaha meyakinkan para pengungsi agar mereka bersedia kembali ke Wamena karena saat ini situasinya telah kondusif, tutur Wiranto.

Selain itu menurut Wiranto masyarakat setempat di Wamena menginginkan agar para pengungsi bisa segera kembali dan beraktivitas seperti biasanya.

“Mereka yakin bahwa aparat keamanan akan menjaga keamanan mereka, akan menjaga kondisi yang kondusif dan mereka juga yakin bahwa masyarakat-masyarakat Wamena telah menjamin untuk tetap hidup berdampingan, hidup rukun dan terus menjaga persaudaraan,” kata Wiranto.

Menko Pulhukam yang didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Prof. H Tito Karnavian menyebutkan hasil dialog yang dilakukan sebagian besar pengungsi di Wamena ingin tetap beraktifitas di lokasi tersebut. Termasuk para pengungsi di Jayapura yang secara perlahan telah bersedia kembali ke Wamena.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait