Haid Sering Tak Teratur? Coba Minum Resep Air Asam Jawa Deh

Tandaseru – Wanita pasti kerap mengalami menstruasi yang tidak teratur. Tenang ada kok resep air asam Jawa untuk memperlancar haid Anda!

Wanita itu memang banyak keluhannya, apalagi saat sedang haid mulai dari kondisi tubuh yang tidak baik pra ataupun pasca haid, sampai rasa nyeri di perut. Belum lagi jika ternyata haid yang dialami tidak lancar.

Dengan mengonsumsi air asam, bukan hanya memperlancar haid itu sendiri tapi keluhan seperti sakit pada perut serta punggung yang terlalu kaku, bisa diredakan.

Nutrisi dalam air asam memang mampu meredakan nyeri perut, kram serta sakit ketika masa menstruasi. Rasa asamnya bukan yang membuat Anda tidak nyaman, tapi asam yang  menyegarkan dan dipercaya dapat membuat pikiran rileks dan tubuh lebih ringan.

Daripada hanya mengira-ngira, lebih baik dicoba sendiri di rumah dan karena resep air asam Jawa ini bersifat alami, maka sangat aman jika dikonsumsi secara rutin.

Perlu bahan apa saja untuk resep air asam Jawa?

Memang tidak perlu bahan yang ribet dan susah dicari untuk memiliki haid yang lancar. Cukup dengan menyiapkan bahan utamanya yaitu 1 sdm asam jawa, lalu 3 sdm gula pasir dan 3 gelas air.

Bagaimana membuat resep air asam Jawa?

Jika ketiga bahan di atas sudah terpenuhi, lanjutkan dengan langkah-langkah pembuatannya. Pertama rebuslah terlebih dahulu air sampai mendidih. Untuk air yang disiapkan bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai berapa orang yang akan mengonsumsinya.

Ingat ya, air asam Jawa ini tidak hanya untuk memperlancar haid, karena mengandung vitamin B dan C, magnesium, kalsium, zat besi dan kalsium yang baik, jadi baik juga dikonsumsi untuk kebutuhan lain.

Seperti menjadikan kulit cerah akibat adanya antioksidan serta membantu menurunkan berat badan. Jadi tidak hanya untuk para wanita saja, satu keluarga juga bisa minum.

Kembali ke resep, setelah airnya mendidih, masukkan asam yang telah dikupas dalam air tersebut lalu aduk hingga rata.

Selanjutnya, masukkan gula pasir dan aduk rata kembali, sambil terus direbus sampai semuanya larut. Saat air asam yang direbus tersebut telah berwarna kecokelatan dan mendidih, segera angkat.

Kemudian, sebelum disajikan, saring terlebih dahulu, barulah dituangkan dalam gelas saji dan nikmati selagi hangat.

Nah, alangkah baiknya gula yang ditambahkan tidak terlalu banyak, hanya sebagai tambahan manis saja, agar kemurnian asamnya terjaga.

Mudah banget kan membuat resep air asam Jawa tersebut? Cobalah minum secara rutin, karena dengan mengonsumsi minuman herbal tubuh lebih sehat karena terhindar dari obat-obatan yang bersifat kimia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait