Doyan Nyemil? Bikin Saja Kue Akar Kelapa yang Renyah dan Gurih

Tandaseru – Akar kelapa merupakan kue kering tradisional khas lebaran yang berasal dari Betawi. Kue kering yang renyah ini sangat cocok bagi Anda yang doyan nyemil. Selain rasanya enak, resep akar kelapa juga sangat mudah, loh.

Kue akar kelapa sering mendapat julukan, kue kecipir, kue serabut atau kue akar pinang. Kue akar kelapa jenis kue jadul yang kini susah dicari keberadaannya.

Camilan ini punya cita rasa manis gurih yang berasal dari santan dan margarin sehingga renyah serta gurih.

Hanya saja saat proses penggorengan harus sabar karena harus menggunakan api yang cenderung kecil, supaya kue akar kelapa renyah, garing dan tidak keras saat di makan.

Bagi Anda yang sudah rindu dengan olahan kue akar kelapa, yuk kita buat di rumah.

Bahan-bahan resep akar kelapa tepung ketan

Bahan utama yang perlu Anda sediakan adalah 500 gram tepung ketan, 150 ml santan, dan 100 gram margarin.

Siapkan juga 125 gram gula pasir, 2 butir telur ayam, 1/2 garam sendok teh, dan 1 sendok teh vanili.

Cara membuat kue akar kelapa yang renyah, mudah dan praktis

Pertama kocok lepas telur, gula pasir, dan vanili. Dalam wadah besar masukkan tepung ketan, buat lubang di tengahnya lalu masukkan kocokan telur dan gula, aduk sampai rata.

Selanjutnya tambahkan margarin santan sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis. Kemudian masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa yang berbentuk piping bag yg sudah digunting ujungnya dan dimasukan cetakan bintang (cetakan cookies).

Lalu seprotkan adonan tersebut di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dalam kondisi api kecil saja sampai kue akar kelapa matang kecoklatan dan keemasan.

Lakukan sampai semua adonan habis, angkat, dan tiriskan. Biarkan kue ini dingin sebentar, lalu  masukkan ke dalam toples saji. Krenyesssss, sudah jadi deh!

Bagaimana, resep akar kelapa diatas sangat mudah bukan? Selamat mencoba membuat camilan yang gurih dan renyah ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait